Wawako: APBD Padang 2017 Ditetapkan Tepat Waktu

Melda
By Melda Desember 1, 2016 11:23

Related Articles

Wawako Padang, Emzalmi. (baim)

Wawako Padang, Emzalmi. (baim)

PADANG – Wakil Walikota Padang, Emzalmi menyampaikan, salah satu tantangan terbesar dalam penyusunan APBD adalah penetapan APBD secara tepat waktu sesuai yang ditentukan oleh peraturan perundang – undangan. Proses penetapan Peraturan Daerah(Perda) APBD secara tepat waktu menjadi sangat penting guna mempercepat realisasi belanja daerah.

Sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 31 tahun 2016 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) TA 2017, bahwa persetujuan bersama antara DPRD dan pemerintah daerah terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD TA 2017 ditetapkan paling lambat bulan November 2016.

“Atas dasar ketentuan tersebut, maka kita mengupayakan menyusun dan menetapkan APBD Kota Padang TA 2017 secara tepat waktu. Melalui paripurna ini, APBD TA 2017 telah disepakati antara legislatif dan eksekutif, serta apa yang telah disepakati menjadi komitmen bersama untuk mematuhi jadwal- jadwal yang telah ditetapkan,” ujar Emzalmi, Rabu (30/11).

Ketepatan waktu penetapan APBD, katanya, merupakan langkah awal dalam menjalankan kinerja keuangan daerah. Dilanjutkan pada tahapan pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah. Semuanya merupakan rangkaian yang akan menjadi penilaian dalam pengukuran kinerja keuangan daerah.

Wawako juga menjelaskan, dari hasil pemeriksaan BPK terhadap pengelolaan keuangan dan laporan keuangan, Pemerintah Kota Padang dinilai sangat baik. Pada tahun 2014 diberikan opini WTP dengan paragraf dan pada laporan keuangan tahun 2015 opini BPK menjadi WTP murni. Kemudian, pada tahun 2016, Pemko Padang telah diberikan reward melalui Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp5 miliar dan untuk tahun 2017 meningkat menjadi Rp52,7 miliar atau mengalami peningkatan 1000 persen.

“Kita semua berharap tentunya ke depan dana DID tersebut dapat lebih ditingkatkan,” harapnya.

Emzalmi menambahkan, ke depan perlu dipelihara harmonisasi antara eksekutif dan legislatif dalam kerja sama sehingga sasaran pembangunan dapat dicapai. Melalui kerja sama antara eksekutif dan legislatif yang telah bekerja keras, APBD TA anggaran 2017 bisa ditetapkan tepat waktu. (baim)

Melda
By Melda Desember 1, 2016 11:23
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...