Warga Tak Mampu Padati Toko Sosial HWK Sumbar

Melda
By Melda Juni 5, 2017 06:12

Related Articles

PADANG – Pada bulan Ramadan 1438 H ini, Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar membuka Toko Sosial (Charity Shop HWK Sumbar) dari tanggal 1 sampai 10 Juni 2017. Toko berlokasi di jalan Khatib Sulaiman No. 24 Padang, tepatnya di sebelah gedung Bapedalda Provinsi Sumatera Barat.

“Toko ini diperuntukkan sebagai tempat belanja bagi masyarakat tidak mampu, kaum dhuafa, anak yatim, untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Kegiatan ini untuk membuka jalan beramal bagi kita di bulan Ramadan ini,” kata Ketua HWK Sumbar, Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, MSi, Minggu (4/6).

Sastri yang juga Inspektur Khusus di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, mengatakan, toko sosial HWK menyediakan kebutuhan lebaran seperti baju, celana, jilbab, sepatu, kemeja, T-Shirt, baju batik, dan beragam aksesoris. Juga tersedia kebutuhan seperti; gula, minyak, dan sirup. Agar menjangkau lebih banyak masyarakat tidak mampu, pembelian secara borongan tidak dilayani, sehingga transaksi setiap pembeli dibatasi. Adapun barang-barang yang dipasarkan disuplay oleh HWK Sumbar dan beberapa sponsor. Selain barang baru, Toko Sosial HWK Sumbar juga menyediakan barang-barang bekas tapi berkualitas.

“HWK Sumbar sengaja tidak memberikan secara cuma-cuma kepada warga tidak mampu, namun dengan memberikan potongan harga dari 50 persen hingga 70 persen. Hal ini bertujuan untuk membangun harga diri bagi warga tidak mampu itu sendiri,” kata Sastri menjelaskan.

Menurut Sastri, hingga hari ke empat pelaksanaannya, kegiatan itu mendapat respon yang baik dari masyarakat. Jika dihitung transaksi per hari bisa mencapai 3 hingga 4 juta rupiah dengan harga barang yang dijual bervariasi, mulai dari harga seribu rupiah hingga yang paling mahal seharga 30 ribu rupiah. Bisa dibayangkan berapa jumlah orang yang belanja tiap harinya, mengingat transaksi yang dibatasi bagi setiap pembelinya.

Kegiatan toko sosial untuk pertama kalinya diadakan oleh HWK Sumbar. Pelaksanaannya didukung oleh Sumbar Talenta Organization (STO) dan oleh beberapa sponsor. Para pengunjung Toko Sosial HWK Sumbar dilayani oleh ibu-ibu dari HWK Sumbar yang menjaga secara bergiliran.

Untuk saat ini, hasil penjualan dibelikan lagi pada kebutuhan barang yang akan dijual pada hari berikutnya. Untuk pelaksanaan toko sosial pada program mendatang, Sastri mengatakan masih banyak lagi yang dibutuhkan untuk lebih menyukseskan kegiatan itu karena pihaknya menjual di bawah harga pasaran.

“Dukungan dari seluruh pihak sangat diharapkan. Toko Sosial HWK Sumbar ini semata-mata hanya untuk beramal, bukan mencari keuntungan,” ujarnya. (m fadhli/r)

Melda
By Melda Juni 5, 2017 06:12
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Tuliskan komentar anda tentang ini

Loading...