Warga Harus Ikut Kawal Usulan Prioritas di Musrenbang

Melda
By Melda Februari 24, 2017 05:03
Musrenbang di Kecamatan Banuhampu.

Musrenbang di Kecamatan Banuhampu.

Usulan warga yang disampaikan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) harus dikawal. Pengawalan itu dapat diketahui skala prioritas yang memang diperlukan warga.

“Selain kami dari DPRD, warga juga harus mengawal skala prioritas yang diajukan saat Musrenbang,” kata sejumlah anggota DPRD Agam, Anton, Aderia, Guswardi dan Tos Helmadi usai menghadiri kegiatan Musrenbang Kecamatan Banuhampu, Rabu (22/2).

Saat ini, sejumlah wilayah di Agam termasuk di Kecamatan Banuhampu sudah mulai melakukan Musrenbang tingkat Nagari dan kecamatan kemudian dilanjutkan ke tingkat Kabupaten. Nantinya, semua usulan dari wilayah atau kecamatan dan sektor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan diakomodir.

“Oleh karena itu, seluruh elemen masyarakat harus ikut mengawal agar tidak keluar dari visi misi Kabupaten Agam. Kami harap semua warga dibantu LPM untuk mengawal usulan skala prioritas,” ucap salah satu anggota DPRD Agam, Anton.

Menurut Anton, pengawalan terhadap apa yang diusulkan di wilayah maupun sektor perlu dilakukan. Ia bersama rekan-rekannya di DPRD akan berupaya mengawal usulan skala prioritas yang sudah diajukan warga saat pelaksanaan Musrenbang.

“DPRD juga tidak selalu merealisasikan usulan tersebut mengingat anggaran yang terbatas. Oleh karena itu, disesuaikan dengan skala prioritas dan juga tidak melenceng dari visi dan misi Kabupaten Agam,” katanya.

Musrenbang, katanya, sebagai implementasi dari pelaksanaan UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional. Berbagai program dan kegiatan yang disepakati akan diakomodir dalam dokumen RPJMD Kabupaten Agam itu. Pihaknya akan menampung aspirasi serta mengawal program pembangunan yang direncanakan di wilayah Kecamatan Banuhampu.

Menurutnya, sudah menjadi kewajiban dewan sebagai pembawa aspirasi warga kepada pemerintah sehingga pelaksanaan pembangunan secara merata.

“Di musrenbang kecamatan itu, kami sudah mulai tahu dan menjaring mana yang skala prioritas. Itu akan menjadi catatan untuk diperjuangkan di musrenbang kabupaten karena dengan anggaran terbatas belum tentu semua usulan bisa direalisasikan satu tahun anggaran,” pungkasnya. (fajar)

Melda
By Melda Februari 24, 2017 05:03
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*