Upaya Kesehatan Saat Ini Lebih Bersifat Promotif dan Preventif

Melda
By Melda February 28, 2017 14:26
Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar di sela Rakernas di Jakarta belum lama ini. (ers)

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar di sela Rakernas di Jakarta belum lama ini. (ers)

MENTAWAI – Pembangunan kesehatan merupakan investasi utama bagi pembangunan sumber daya manusia. Pembangungan kesehatan pada dasarnya adalah upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan serta kemampuan setiap orang untuk dapat berperilaku hidup yang sehat untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar kepada padangmedia.com, Selasa (28/2). Menurutnya, pembangunan kesehatan saat ini dilakukan dengan pendekatan keluarga untuk mewujudkan Indonesia sehat. 

Saat Rakernas di Jakarta baru-baru ini, kata Lahmuddin, pemerintah berupaya melakukan sinergitas antara daerah dengan pusat dalam hal pembangunan kesehatan yang sistematis, terarah, terpadu dan meyeluruh. Untuk itu dibutuhkan keterlibatan berbagai lintas sektor melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

Gerakan masyarakat melalui pendekatan keluarga dalam wujudkan Indonesia sehat sama halnya dengan mengimplementasikan pesan 7 Sikerei yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Pada intinya, pembangunan kesehatan yang semula bersifat kuratif dan rehabilitatif, sekarang lebih diarahkan pada upaya kesehatan yang bersifat promotif dan preventif, tuturnya.

Pendekatan keluarga dalam mengimplementasikan pesan 7 Sikerei juga dapat mengubah perilaku keluarga dan masyarakat khususnya di Bumi Sikerei untuk pengenalan diri terhadap risiko penyakit. Pendekatan keluarga tersebut diharapkan dapat meningkatkan akses keluarga terhadap pelayanan kesehatan yang lebih komprehensif, dengan melibatkan lintas sektor baik pemerintah pusat, daerah, swasta, dunia usaha serta organisasi kemasyarakatan sebagai gerakan masyarakat untuk hidup sehat bersama dalam mewujudkan masyarakat Mentawai yang lebih sehat. (ers)

Loading...
Melda
By Melda February 28, 2017 14:26
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

PR NEWSWIRE

Loading...