Tumpahan Minyak Dikhawatirkan Menyebar Hingga ke Pantai Padang

Melda
By Melda September 29, 2017 16:47
Minyak tumpah di perairan Teluk Bayur. (foto: humas Pemko Padang)

Minyak tumpah di perairan Teluk Bayur. (foto: humas Pemko Padang)

PADANG – Tumpahan minyak sawit di perairan Teluk Bayur, Kota Padang dikhawatirkan menyebar hingga ke Pantai Air Manis dan Pantai Padang. Kekhawatiran itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang, Medi Iswandi.

Menurutnya, pihaknya terus memantau pergerakan minyak sawit yang mencemari laut Kota Padang. Hingga pukul 11.00 WIB, Jumat (29/9), Pantai Air Manis memang belum terkena dampak secara langsung. Namun, tumpahannya saat ini dihanyutkan arus ke arah utara dan dikhawatirkan dapat terdampar di beberapa objek wisata bahari seperti Pantai Padang, atau pulau-pulau yang ada di lepas Pantai Padang.

“Jika itu terjadi, maka akan rusak semua destinasi wisata tersebut,” ujar Medi yang memantau dari Bukit Gado-gado di Pantai Air Manis.

Medi mengatakan, perusahaan minyak tersebut harus bertanggung jawab dan segera mengantisipasi agar tumpahan minyak tidak menyebar ke mana-mana.

Sementara, Humas PT Pelindo II Teluk Bayur Muhammad Taufik menyebutkan, perusahaan pemilik tangki timbun yang CPOnya tumpah ke laut adalah PT WIM. Perusahaan itu salah satu mitra kerja Pelindo.

Pelindo, katanya, telah melokalisir untuk mengantisipasi tumpahan minyak sawit yang masih mentah itu. Caranya, dengan memasang dua unit oil boom yang masing-masing satu unit panjangnya sekitar 250 meter.

Upaya melokalisir tumpahan minyak mentah itu untuk memberikan tempat bagi kapal yang akan sandar. Sebab, tumpahan minyak itu sudah ada yang sampai ke dermaga.

”Makanya harus dikeluarkan supaya kapal bisa sandar,” kata Taufik. (rin/*)

Melda
By Melda September 29, 2017 16:47
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*