Tradisi Anak Nagari Festival Dayung Palinggam Dimulai

Melda
By Melda Desember 1, 2016 15:31

Related Articles

Festival dayung Palinggam 2016 dimulai hari ini, Kamis (1/12). (baim)

Festival dayung Palinggam 2016 dimulai hari ini, Kamis (1/12). (baim)

PADANG – Olahraga tradisonal anak nagari Festival Dayuang Palinggam (FDP) yang digelar di
Palinggam, Batang Arau, Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan, hari ini, Kamis (1/12) resmi dibuka Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Festival Dayung Palinggam ini diselenggarakan dari tanggal 1 hingga 4 Desember 2016.

Wako Padang dalam sambutannya berharap para peserta bisa sama- sama menjaga kompakan, sportifitas, serta selalu menjaga keamanan dan ketertiban.

Festival Dayung Palinggam sudah menjadi agenda pemerintah untuk tiap tahunnya diadakan di Batang Arau Kecamatan Padang Selatan. Dengan diadakannya iven tersebut secara tidak langsung dapat membantu ekonomi masyarakat setempat walaupun hanya beberapa hari saja.

Akhirudin, panitia Festival Dayung Palinggam mengatakan, olahraga tradisonal anak nagari Festival Dayuang Palinggam (FDP) yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini memang agak berbeda dari tahun sebelumnya di tahun 2015. Pertandingan kali ini, untuk lajur/race pertandingan tambah menjadi 350 meter yang sebelumnya hanya 300 meter.

“Untuk pertandingan kali ini, diikuti sebanyak 64 Tim dayung yang dibagi menjadi empat Pol pertandingan. Penyelenggaraan Festival Dayung Palinggam ini dibantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Padang Selatan, Polsek Padang Selatan, TNI, Marinir, Satpol PP serta pemuda setempat,” jelasnya.

Pada aduan pertama di Pol A, dalam pertandingan dayung tradisional tersebut Pasa Mudiak (Pasmud) menaiki sampan hijau berhadapan (berpacu, red) dengan tim dayung Putra Kambat (Putra Kampung batu) dengan sampan merah. Pada aduan perdana tersebut, Putra Kambat di sampan merah berhasil menang telak jauh meninggalkan tim dayung Pasmud.

Sementara, aduan kedua untuk yang pertama di Pol B berhadapan antara tim dayung Pasa Gadang (PASGA) dan IPPKB. Untuk Pol C, tim dayung Pasa Mudik dan Putra Gunung Meru(PGM) dan aduan pertama di Pol D tim dayung IPPKT berhadapan dengan tim dayung PASGA.

Yang istimewa, Festival Dayung Palinggam kali ini akan diramaikan dengan kedatangan tamu dari Asia Tenggara. Karena, iven ini bertepatan dengan pelaksanaan Festival Ekonomi dan Budaya Antar Bangsa 2016, Investasi Malindo MBCC Asia di Kota Padang. (baim)

Melda
By Melda Desember 1, 2016 15:31
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...