Terlaksananya Pembinaan Kesehatan Masyarakat Butuh Kemitraan

Nita Indrawati
By Nita Indrawati September 15, 2015 08:53

Related Articles

SAWAHLUNTO – Program pembinaan kesehatan masyarakat memerlukan dukungan dan kemitraan semua instansi serta kemitraan lembaga masyarakat, agar apa yang dilaksanakan lebih tepat sasaran serta berhasil dalam pencapaiannya.

Hal ini diungkapkan Seretaris Camat Barangin Subandi pada lokakarya pencapaian program dan kegiatan kesehatan  di Puskesmas Kolok Kecamatan Barangin kota Sawahlunto, kemarin.

Kemitraan ini, sebutnya baik dari unsur sekolah, lembaga kenagarian, Kantor desa dan kelurahan serta tokoh masyarakat terkhusus dilingkungan binaan puskesmas Kolok ini. “ Agar setiap program dan kegiatan pembinaan kesehatan masyarakat bukan semata-mata menjalankan program saja, ” katanya pada lokakarya yang dihadiri Kepala Puskesmas Kolok dr Salma Lira dan ketua Panitia Lokakarya dr Yulia Eka Zagoto.

Dalam kawasan kerja puskesmas ini, tercakup desa Kolok Nantua, Kolok Mudiak, talago Gunung Balai Batu Sandaran dan desa Lumindai. Tentu perlu koordinasi serta upaya kerjasama jajaran pemerintahan LPM, BPD dan lembaga kelengkapan desa. “Dibutuhkan perhatian dari pimpinan sekolah yang ada  dilima desa, baik SD, SLTP maupun SLTA yang ada serta Pusyandu sebagai sasaran binaan puskesmas ini,” harap Subandi.

Dikesempatan itu Ketua panitia Lokakarya dr Yulia Eka Zagoto berharap beberapa program dan sasaran pembinaan kesehatan masyarakat baik dilingkungan sekolah dan wilayah desa perlu perhatian serta menginventarisir beberapa program yang telah dan sedang dilakukan. “ karena cakupan wilayah pembinaan terdapat lima desa yang didukung
puskesmas pembantu, maka pelaksanaan kegiatan pembinaan harus lebih  terangkul diseluruh wilayah binaan,”  ujarnya.

Dengan lokakarya ini, tambah Yulia,  beberapa program dan pembinaan bisa lebih awal diketahui masyarakat serta tersosialisasi dengan baik. Sehingga apa yang menjadi sasaran serta tujuan dari kegiatan dan pembinaan lebih tepat dan sesuai dengan harapan.

Usai pemaparan peserta yang terdiri dari kepala sekolah SD, SLTP dan SLTA serta lembaga masyarakat desa itu saling memberikan masukan dalam  diskusi tanya jawab seputar bidang kesehatan. (tumpak)

Nita Indrawati
By Nita Indrawati September 15, 2015 08:53
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...