Tari Turuk Pokpok Mentawai Tampil Memukau di Jambore PKK Sumbar

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Agustus 8, 2016 07:34

Related Articles

Tari Turuk Pokpok dari Mentawai. (ers)

Tari Turuk Pokpok dari Mentawai. (ers)

SAWAHLUNTO – Kontingen Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupatan Kepulauan Mentawai menampilkan Tari Turuk Pokpok di jambore PKK tingkat Sumatera Barat di Sawahlunto. Tari tersebut menarik minat para kader PKK dari daerah lain untuk mengetahui dan mempelajarinya.

Pemandu Tari Turuk Pokpok Elte Frida menjelaskan, tarian ini pertama kali ditampilkan di Jambore PKK Sumatera Barat. Biasanya Turuk pokpok ini sering ditampilkan di kegiatan jambore PKK tingkat kabupaten.

Tarian tersebut menurutnya, berasal dari Siberut dan menceritakan kehidupan masyarakat di daerah pesisir pantai. Dimana sebagian penduduk mentawai khusus ibu-ibu mencari ikan Kuret (katak berkaki panjang) memakai obor. Tari tersebut dibawakan oleh 8 orang penari dengan 4 orang pengiring tari dan 4 orang penyanyi.

Pada umumnya setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing. Dia mengakui kesenian Mentawai memiliki keunikan dan sangat jarang ditampilkan. Pertunjukan tari hanya ditampilkan pada acara-acara tertentu. Pada umumnya tari-tarian Mentawai, diambil dari aktifitas masyarakat sehari-hari. (ers)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Agustus 8, 2016 07:34
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Tuliskan komentar anda tentang ini

Loading...