Sumbar Talenta Ajang Menempa Generasi Cinta Budaya

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Januari 21, 2018 00:43

Related Articles

Ketua Umum DPP HWK Dani Soedarsono dalam Malam Kemilau HWK Indonesia wilayah Barat di Padang, Sabtu (20/1) malam. (febry)

PADANG – Ajang pencari bakat Sumbar Talenta memasuki usia ke 13 tahun. Ajang ini merupakan program unggulan Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumatera Barat dengan tujuan menempa generasi muda untuk cinta dan melestarikan seni budaya.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPW) HWK Sumatera Barat Sastri Yunizarti Bakri pada gelaran Malam Kemilau Sumbar Talenta XIII dalam momentum Rapat Kordinasi Teknis (Rakornis) HWK, Sabtu (20/1) malam.

“Sumbar Talenta merupakan ajang menempa generasi yang mencintai seni budaya dan tradisi,” ungkapnya.

Ketua DPD HWK Sumbar Sastri Yunizarti Bakri. (feb)

Dia menambahkan, Sumbar Talenta akan menjadi ikon dalam Festival Budaya Kreatif HWK yang akan ke tingkat nasional nantinya. Festival tersebut berkonsep sama dengan Sumbar Talenta namun dalam skala nasional dan merupakan hasil Rakornis tahun ini yang bertujuan untuk merancang program unggulan HWK yang inovatif dalam rangka penguatan peran yang semakin populer dan mengakar di masyarakat.

Ketua Umum DPP HWK Dany Sudarsono dalam kesempatan itu mengungkapkan, Malam Kemilau Sumbar Talenta akan berkembang ke tingkat nasional menjadi Festival Budaya Kreatif. Menurutnya, HWK memang mengarah kepada seni budaya dan Sumbar Talenta merupakan salah satu program unggulan yang menjadi ikon HWK dalam rangka menguatkan peran untuk pembinaan generasi muda.

Perkembangan Sumbar Talenta menurutnya mengalami perkembangan cukup pesat. Bahkan saat ini sudah ada ajang Sumbar Talenta Kids untuk ajang khusus anak-anak. DPP HWK akan mendorong program ini untuk terus berkembang disamping program-program unggulan lainnya.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno memberikan sambutannya mengungkapkan apresiasi terhadap kegiatan HWK terutama Sumbar Talenta. Dengan perjalanan yang panjang, sudah banyak dampak positif dari kegiatan Malam Kemilau Sumbar Talenta.

“Sumbar Talenta sangat berperan besar dalam pelestarian dan pengembangan seni budaya dan menunjukkan kekuatan kaum perempuan dalam mendorong tercapainya program pembangunan sangat besar,” ujarnya mengapresiasi.

Dia berharap kegiatan HWK dapat lebh dipertajam lagi sehingga HWK bisa menjadi barometer bagi dan motivasi bagi kaum perempuan ke depan. Dia mengajak anggota HWK untuk lebih menunjukkan eksistensi di segala bidang termasuk di bidang politik dan pemerintahan.

Rakornis HWK di Padang, Sumatera Barat diikuti oleh seluruh DPD HWK dari Sumatera dan Jawa. Menurut Ketua DPP HWK Dani Soedarsono, ada 16 DPD HWK yang hadir untuk mengikuti Rakornis dalam rangka menyusun program unggulan. Kegiatan ini akan dilanjutkan ke Rakornis untuk DPD di wilayah Indonesia Timur dalam waktu dekat. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Januari 21, 2018 00:43
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...