Sudah Habitatnya, BKSDA Tak Bisa Tangkap Buaya di Sungai Batang Antokan

Melda
By Melda November 24, 2017 05:29

Buaya yang muncul di Sungai Batang Antokan, Kab.Agam. (fajar)

AGAM – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam tidak bisa melakukan penangkapan terhadap buaya yang muncul di Batang Antokan Jorong Sago, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Agam. Hal itu dikarenakan sungai tenang itu memang habibat buaya tersebut.

Kepala BKSDA Agam, Syahrial Tanjung didampingi petugas BKSDA Syafril Suharto, Kamis (23/11), mengatakan, keberadaan buaya tentu meresahkan masyarakat. Meski demikian lokasi itu adalah habitatnya.

“Sungai yang didiami buaya tersebut memang merupakan habitat hewan tersebut. Oleh sebab itu, petugas tidak bisa berbuat banyak,” kata Syahrial.

Dikatakannya, untuk mengindari bahaya kepada masyarakat pihaknya alan memasang plang pemberitahuan. Kemudian petugas akan mendatangi masyarakat melakukan sosialiasasi sehingga masyarakat yang berdomisili pada aliran sungai untuk tidak beraktivitas banyak di lokasi.

“Sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem yang mengatur larangan mengganggu habitat satwa dilindungi. Buaya yang hidup di aliran tenang dan memiliki rawa di muara sungai, dan tidak bisa dilakukan  penangkapan,” jelasnya.

Dikatakannya, selama tahun 2016 hingga 2017 dikabupaten Agam, BKSDA Resor Agam, mencatat sejumlah serangan buaya kepada masyarakat antara lain, sebanyak sebanyak 4 kasus gigitan buaya.

“Habitat buaya sekarang semakin sempit karna daerah sekitar muara sungai sudah menjadi pemukiman dan perkebunan masyarakat. Oleh sebab itu binantang dilindungi merasa habitatnya terganggu,” jelasnya. (fajar)

Melda
By Melda November 24, 2017 05:29
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...