Sembilan Desa di Sawahlunto Gelar Pilkades Serentak 2017

Febry Chaniago
By Febry Chaniago May 31, 2016 21:55
kotak suara pilkades (ilustrasi/kemendagri)

kotak suara pilkades (ilustrasi/kemendagri)

SAWAHLUNTO – Sebanyak sembilan desa di Kota Sawahlunto akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di tahun 2017. Pilkades serentak untuk sembilan desa tersebut merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan di Sawahlunto. Pemko Sawahlunto dan DPRD telah menyepakati Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemilihan Kepala Desa serentak tersebut.

Loading...

Kepala Bagian Pemerintahan Setdako Sawahlunto Dedi Syahendri mengatakan, Pilkades serentak sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2015 yang diselenggarakan berdasarkan Peraturan Walikota Sawahlunto sesuai amanat UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

“Pasal 31 ayat (1) UU nomor 6 tahun 2014 mengamanatkan pemilihan kepala desa dilaksanakan serentak di seluruh wilayah kabupaten dan kota,” jelasnya, Selasa (31/5).

Dia menjelaskan, untuk penyempurnaan aturan terkait Pilkades serentak bersama DPRD telah menyepakati Perda tersebut 28 April lalu, namun masih menunggu hasil evaluasi Gubernur. Diharapkan dalam waktu dekat evaluasi tersebut selesai sehingga perda ini dapat diberlakukan dan jadi pedoman dalam pelaksanaan Pilkades.

Adapun desa yang mengikuti Pilkades serentak 2017 adalah empat desa di Kecamatan Talawi yaitu Talawi Hilir, Sikalang, Salak dan Tumpuak Tangah. Kemudian Desa Pasar Kubang dan Kubang Utara Sikabu di Kecamatan Lembah Segar serta Desa Silungkang Oso, Silungkang Tigo dan Taratak Bancah di Kecamatan Silungkang. (tumpak)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago May 31, 2016 21:55
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...