Sembilan Calon Anggota BPSK Agam Menunggu SK

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Juni 24, 2016 18:45

AGAM – Seleksi calon anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Agam untuk periode 2016-2021 telah menetapkan sembilan calon yang lolos dari 14 orang yang mengajukan diri. Sembilan orang tersebut tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Kementerian Perdagangan dan SK Menteri Hukum dan HAM.

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Agam, Jabanur, Jumat (24/6) menyebutkan, sembilan orang yang dinyatakan lolos seleksi tersebut adalah Mahyudanil, Buscandra Burhan, Yusnasril dari unsur konsumen, Zul Arifin Dt. Parpatiah, Hj. Yusniwati, Abdul Hamid Dt. Tan Kabasaran dari unsur pelaku usaha dan Syefli Yusuf, Adinal, Andi Junaidi dari unsur pemerintah.

“Dari 14 orang yang mengajukan diri untuk seleksi, 13 orang yang memenuhi syarat adminstrasi dan lulus sebanyak 9 orang,” terangnya.

Ke sembilan orang calon ini akan diusulkan ke pemerintah pusat untuk ditetapkan melalui SK Menteri Perdagagan dan Menteri Hukum dan Ham Republik Indonesia. Menurutnya, dengan keluarnya SK anggota BPSK tersebut, nantinya penyelesaian sengketa konsumen bisa dilaksanakan langsung di Kabupaten Agam.

“Sebelumnya sidang sengketa konsumen untuk wilayah Agam masih dilakukan di Bukittinggi,” ujarnya.

BPSK Agam, katanya, dibentuk berdasarkan SK Bupati Agam Nomor 346 tahun 2015 sebagai pelaksanaan Undang-udang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan kosumen. Sembilan orang calon tersebut terpilih melalui seleksi yang telah dilaksanakan pada 3 Juni 2016 lalu.

“Tujuan dibentuknya BPSK adalah untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dan menyelesaikan persengketaan yang terjadi dengan pihak produsen atau pelaku usaha,” tandasnya. (fajar/f)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Juni 24, 2016 18:45
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*