Sejumlah Gubernur Akan Hadiri CSS XV Kota Padang

Melda
By Melda November 18, 2015 14:23
Wako Padang bersama Hervan Bahar.

Wako Padang bersama Hervan Bahar.

PADANG – Berbeda dengan event City Sanitation Summit (CSS) sebelumnya, pada CSS XV Kota Padang ini selain dihadiri para bupati dan walikota, juga akan dihadiri beberapa gubernur. Direncanakan para gubernur akan melaksanakan konvensi guna melahirkan suatu deklarasi para gubernur, bupati dan walikota.

“Deklarasi ini sebagai suatu komitmen dalam menyatukan pola pikir dan mindset mengenai pentingnya percepatan pelaksanaan pembangunan sanitasi yang dibarengi dengan efektifitas pembiayaannya. Kehadiran para gubernur akan menguatkan program-program yang telah dirilis dalam lingkup yang lebih luas,” papar Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo dalam sebuah wawancara di Padang, Rabu (18/11).

Walikota Mahyeldi yang didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Hervan Bahar menyebut, semua program terkait pengembangan sanitasi yang tengah berjalan perlu disinkronkan dengan kebijakan dalam deklarasi tersebut. Termasuk juga program untuk mewujudkan mutu lingkungan yang lebih sehat.

CSS XV yang akan berlangsung  selama tiga hari mulai petang ini, Rabu dan Kamis (19/11) dan ditutup Jumat (20/11) di Hotel Grand Inna Muara ini mengusung tema “Penguatan Sinergi Implementasi PPSP menuju 100 % Akses Sanitasi Indonesia 2019”.

Kepala Bappeda Herban Bahar selaku panitia pelaksana menjelaskan, pada hari pertama, diadakan penyambutan dengan format acara “Welcome Dinner” di Taman Melati pada pukul 20.00 WIB.

Besoknya (Kamis, 19/11), CSS dibuka secara resmi dengan keynote speaker Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas RI dan kata sambutan Gubernur Sumatera Barat dan Walikota Padang. Selanjutnya cara disi dengan konferensi dan Rakernas Aliansi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) VII diikuti Gubernur, para Walikota dan Bupati.

Bersamaan dengan itu, juga dilaksanakan kunjungan lapangan ke tiga locus, yaitu ke Instalasi Pengelolaan Air Minum (IPA) Sungai Latuang, Tempat Pengolahan Sampah Akhir (TPA) Air Dingin dan ke Pengelolaan Sampah Terpadu di Kampus Unand sekaligus ke Kampung Wisata Limau Manih.

Juga dilaksanakan ladies program, yaitu sudah menjadi keunikan dari setiap pelaksanaan CSS selalu ada kegiatan para istri kepala daerah anggota AKKOPSI yang akan mendeklarasikan dukungan mereka untuk pembangunan sanitasi.

“Rangkaian acara CSS ini sepenuhnya akan bernuansa kebudayaan Minangkabau mulai dari acara penyambutan di Taman Melati hingga penutupan yang akan diisi dengan pembacaan deklarasi kesepakatan hasil Rakernas AKKOPSI VII,” tukas Hervan. (der)

Melda
By Melda November 18, 2015 14:23
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*