Sawahlunto Internasional Songket Karnaval Digelar

Melda
By Melda Agustus 23, 2015 20:09

Related Articles

PEMERINTAH Kota Sawahlunto akan menggelar perhelatan Sawahlunto International Songket Carnival. Iven tersebut dijadwalkan akan digelar, Jumat sampai Minggu, 28-30 Agustus 2015.Kabag Humas Setdako Sawahlunto, Zainul Anwar kepada padangmedia.com menyatakan, kegiatan itu akan dikoordinir oleh Dinas Perindagkopnaker setempat. Pemko telah mempersiapkan total hadiah puluhan juta bagi
pemenangnya.Setiap peserta dituntut mendesain dan menampilkan hasil kreasi terbaik berupa busana kreasi yang berbahan minimal 80 persen bahan songket silungkang dan bahan campuran maksimal 20 persen.

Desain kreasi yang ikut akan ditampilkan dalam karnaval songket Jum’at (28/8) dengan rute karnaval mulai dari kawasan Silo Ombilin – Masjid Agung melalui Pasar, Lapseg Ombilin dan berakhir di Museum Goedang Ransoem.

“Bagi yang akan mengikuti lomba ini, kita telah membuka pendafataran peserta hingga 31 Mei 2015 melalui Dinas Perindagkop Kota Sawahlunto,” katanya kepada padangmedia.com di ruang kerjanya, Rabu (13/8).

Zainul menambahkan, sesuai surat edaran, pemenang lomba ini di samping mendapatkan piala, juga berhadiah uang. Rinciannya, bagi kategori  beregu juara I sebesar Rp15 juta, juara II Rp10 juta dan juara III Rp7,5 juta. Sementara, bagi pemenang IV bakal mendapat Rp5 juta, juara V Rp4 juta dan juara VI Rp3 juta.

Masih ada kategori lainnya, yakni perorangan. Untuk kategori ini, juara I mendapat hadiah sebesar Rp10 juta. Sedangkan juara II Rp7,5 juta dan juara III Rp5 juta.

Zainul berharap, kegiatan tersebut akan sukses dan akan ada kreasi serta disain yang dapat terus mengairahkan kerajinan tenun songket di kota ini.

“Selain itu, iven ini diharapkan dapat menguatkan pasar produk songket secara keseluruhan. Selain itu juga dapat mendukung pengembangan pariwisata kota Sawahlunto,” pungkasnya. (tumpak)

Melda
By Melda Agustus 23, 2015 20:09
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Tuliskan komentar anda tentang ini

Loading...