Sambut Bulan Puasa, Pengawasan Sembako Harus Diperketat

Febry Chaniago
By Febry Chaniago May 31, 2016 19:33
Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Dewi Susanti. (baim)

Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang Dewi Susanti. (baim)

PADANG – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Dewi Susanti meminta Dinas terkait di Pemerintah Kota Padang melakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap sejumlah kebutuhan pokok (Sembako). Pengawasan tersebut harus dilakukan agar harga jual barang kebutuhan pokok tetap stabil selama bulan puasa.

“Dinas terkait harus melakukan pengawasan ketat agar harga kebutuhan pokok tetap stabil,” katanya, Selasa (31/5).

Dengan pengawasan tersebut, kenaikan harga kebutuhan pokok akibat permainan para spekulan dapat diantisipasi lebih dini. Para spekulan akan memanfaatkan kondisi menjelang puasa dan lebaran untuk mengeruk keuntungan dengan mempermainkan distribusi barang.

Dewi menduga, beberapa jenis kebutuhan pokok saat ini juga diakibatkan ulah para spekulan. Seperti halnya gula pasir yang sudah naik menjadi Rp16 ribu per kilogram atau harga daging yang mencapai Rp110 ribu.

“Ini tentunya karena ada permainan dari spekulan atau toke yang memanfaatkan kondisi saat ini,”ujarnya.

Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Disperindagtamben) Pemko Padang hendaknya sudah mempersiapkan langkah antisipasi berupa Operasi Pasar terhadap jenis barang yang mengalami kenaikan harga tidak wajar. Seperti gula pasir yang sudah naik diatas 10 persen, sudah waktunya dilakukan operasi pasar.

“Operasi Pasar harus disiapkan untuk menekan kembali lonjakan harga ke harga normal. Disamping itu perlu diambil tindakan tegas terhadap para spekulan yang berani bermain dengan kebutuhan pokok,” pungkasnya. (baim/F)

Loading...
Febry Chaniago
By Febry Chaniago May 31, 2016 19:33
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...