Sah! Mahyeldi dan Emzalmi “Head to Head” di Pilkada Padang

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Februari 12, 2018 15:17

Related Articles

PADANG – Walikota Padang petahana Mahyeldi akan tanding “head to head” dengan wakil walikota petahana, Emzalmi dalam Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kota Padang untuk perioden 2018 -2023. Hal itu dipastikan, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang menggelar rapat pleno penetapan pasangan calon peserta pilkada, Senin (12/2).

Ketua KPU Kota Padang Muhammad Sawati menjelaskan, dari tiga bakal pasangan calon yang mendaftar, hanya dua pasang yang lolos seleksi persyaratan. Satu bakal pasangan yaitu pasangan Syamsuar – Misliza gagal dalam proses verifikasi faktual syarat dukungan.

“Setelah melewati rangkaian proses pendaftaran hingga verifikasi dilakukan, akhirnya pasangan calon peserta pilkada Kota Padang ditetapkan sebanyak dua pasang,” katanya.

Dua pasangan calon tersebut, lanjutnya, diusung oleh parpol. Mahyeldi dan pasangannya Hendri Septa diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Sedangkan Emzalmi yang berpasangan dengan Desri Ayunda diusung oleh koalisi Partai Golkar, PDIP, Partai Nasdem, PPP, Demokrat, Gerindra dan PKB.

Untuk bakal pasangan calon Syamsuar Syam – Misliza, yang merupakan suami isteri, Sawati menjelaskan tidak memenuhi persyaratan karena terganjal proses verifikasi faktual dukungan. Pasangan ini sebelumnya sempat dicoret dari daftar namun melalui putusan majelis penyelesaian sengketa Pilkada Panwaslih Kota Padang kembali masuk daftar pasangan calon. Paslon ini maju di Pilkada Kota Padang melalui jalur perseorangan.

“Untuk pasangan Syamsuar Syam-Misliza, ada kekurangan persyaratan dukungan 14.530 yang harus dipenuhi. Setelah terpenuhi, dilakukan verifikasi namun pasangan ini tidak bisa menghadirkan pendukung tersebut sehingga gagal untuk ditetapkan menjadi peserta,” terangnya.

Tahap selanjutnya, KPU Kota Padang akan melakukan penetapan nomor urut ke dua pasangan calon tersebut. Rencananya, penetapan nomor urut akan dilakukan besok (Selasa, 13/2).

Emzalmi dan pasangannya Desri Ayunda serta calon wakil walikota pasangan Mahyeldi, Hendri Septa menghadiri rapat pleno penetapan paslon peserta pilkada Padang, Senin (12/2). (dio)

Sementara itu, terpantau rapat pleno KPU penetapan pasangan calon peserta pilkada Kota Padang itu dihadiri oleh pasangan Emzalmi – Desri Ayunda. Sementara, untuk paslon lainnya, hanya dihadiri Hendri Septa calon wakil walikota sedangkan calon walikota Mahyeldi tidak terlihat dalam rapat pleno. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Februari 12, 2018 15:17
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...