Rp50 Miliar Dana LPDB-KUMKM Menunggu Respon Pemprov Sumbar

Febry Chaniago
By Febry Chaniago December 5, 2017 13:47

Sosialisasi Direktorat Pembiayaan Syariah LPDB KUMKM di Padang, Selasa (5/12). (febry)

PADANG – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menawarkan dana sebesar Rp50 miliar kepada pemerintah provinsi Sumatera Barat. Dana tersebut ditawarkan untuk disalurkan dalam bentuk pinjaman kepada koperasi dan pelaku UMKM di daerah ini.

Direktur Utama LPDB KUMKM Braman Setyo dalam sosialisasi Direktorat Pemberdayaan Syari’ah LPDB KUMKM di Padang, Sumatera Barat, Selasa (5/12) mengungkapkan hal itu. Namun tawaran tersebut masih menunggu respon dari pemerintah provinsi Sumatera Barat.

“Kami menawarkan langsung kepada Gubernur dana LPDB KUMKM sebesar Rp50 miliar untuk dikelola dan disalurkan kepada koperasi dan pelaku UMKM di daerah ini, namun sampai kini kami masih menunggu respon dari Sumbar,” ungkapnya.

Dana tersebut menurutnya, bisa disalurkan sebagai pinjaman dan menjadi solusi bagi pelaku usaha yang membutuhkan pembiayaan permodalan. Apabila direspon maka akan bisa membantu banyak pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.

Braman menambahkan, perkembangan dana bergulir LPDB sejak tahun 2008 sampai tahun ini (2017. red) telah tersalur sebesar Rp8,49 triliun. Dana bergulir tersebut disalurkan kepada 1.012.287 UMKM melalui 4.299 mitra. Untuk pola pembiayaan syari’ah, LPDB KUMKM sejak tahun 2008 hingga 2016 telah mencapai Rp1,4 triliun.

“Target penyaluran LPDB KUMKM tahun 2017 adalah sebesar Rp1,5 triliun yang doptimalkan penyalurannya kepada koperasi 40 persen dan UMKM baik langsung atau melalui lembaga perantara sebesar 60 persen. Sedangkan untuk pembiayaan pola syariah tahun ini dialokasikan sebesar Rp450 miliar,” paparnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Provinsi Sumatera Barat Prita Wardhani menyebutkan, pemprov Sumbar akan berupaya merespon tawaran tersebut karena akan sangat membantu pelaku usaha koperasi dan UMKM. Untuk teknis pengelolaannya, pihaknya akan melakukan koordinasi lebih lanjut agar pengelolaan dana sesuai dengan aturan dan ketentuan.

“Tawaran tersebut sangat menguntungkan bagi pelaku usaha di Sumatera Barat dan kami akan melakukan koordinasi lebih lanjut untuk membicarakan pola pengelolaan yang tepat untuk dana LPDB tersebut,” katanya.

LPDB Bentuk Direktorat Pembiayaan Syari’ah

Memasuki usia ke 11 tahun, LPDB – KUMKM Kementerian Koperasi UKM telah memiliki direktorat yang secara khusus melayani transaksi secara prinsip syariah yaitu Direktorat Pembiayaan Syariah. Menurut
Direktur Pembiayaan Syariah LPDB – KUMKM Jaenal Arifin, direktorat ini dibentuk untuk melengkapi keberadaan asisten deputi pembiayaan syariah sebagai unit pelaksana teknis di bidang pembiayaan syariah.

Rapat sekaligus sosialisasi tersebut menurutnya bertujuan untuk membangun sinergitas antara LPDB KUMKM dengan lembaga keuangan syariah di daerah dalam rangka penguatan permodalan bagi koperasi dan UMKM dengan pola syariah.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka koordinasi antara LPDB KUMKM dengan lembag keuangan syariah yang ada di daerah dalam perkuatan permodalan bagi koperasi dan UMKM dengan pola pembiayaan syariah,” tandasnya. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago December 5, 2017 13:47
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...