Rp156 Miliar untuk Pembangunan Jalan dan Jembatan di Mentawai Tahun Ini

Melda
By Melda Juni 14, 2017 12:04

Related Articles

Kabid Bina Marga PU-PR Kab. Kepulauan Mentawai, Asril, ST. (ers)

Kabid Bina Marga PU-PR Kab. Kepulauan Mentawai, Asril, ST. (ers)

MENTAWAI – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Kabupaten Kepulauan Mentawai menyiapkan anggaran sebesar Rp156 miliar untuk pembangunan jalan Trans Mentawai dan pembangunan jembatan tahun 2017.

Kepala Bidang Bina Marga PU-PR Kabupaten Kepulauan Mentawai, Asril, ST menyebutkan, anggaran untuk pembanguna jalan Trans Mentawai dan jembatan tahun ini berasal dari APBD sebesar Rp120 miliar dan APBN dari Dana Alokasi Khusus sebesar Rp36 miliar.

Pembangunan Trans Mentawai dibuka berawal pasca bencana tsunami tahun 2010 dengan anggaran Rehab Rekon Bencana sebesar Rp58,96 miliar. Mentawai lalu dapat kucuran anggaran sebesar Rp1,1 triliun, namanya Percepatan Pembangunan (PP).

“Dari PP tersebut muncul Trans Mentawai,” kata Asril kepada padangmedia.com, Selasa (13/6).

Program Trans Mentawai kemudian dilanjutkan pada tahun 2011 melalui misi dan visi Bupati Mentawai yang saat ini masih berjalan pengerjaannya. Pembangunan Trans Mentawai dilaksanakan mulai sejak tahun 2010 hingga 2016 sepanjang 98 km, tetapi belum semua rampung dan akan dilanjutkan pengerjaannya tahun 2017 ini. Jalan Trans Mentawai yang sudah dipetakan dimulai dari Labuan Bajaou sampai Unjung Sinakak.

“Kita patut bersyukur karena jalan wilayah Sipora sudah punya jalan nasional sepanjang 89 km dari Dermaga Tuapeijat sampai Bosua Kecamatan Sipora Selatan. Kalau jalan provinsi targetnya tembus dari Berkat sampai ke Berimanua,” katanya.

Tahun 2017 ini, target pembangunan jalan yang akan dikerjakan dari Siberut Selatan, Mabuku sampai Peipei. Pembangunan jalan Trans Mentawai terbesar senilai Rp29 miliar dimulai dari Sikakap sampai Matobe yang merupakan peningkatan jalan terpanjang untuk wilayah Pagai Utara.

Sementara untuk pembukaan jalan lebih banyak diarahkan ke wilayah Siberut sepanjang 26 km. Ditambah pembukaan jalan TMMD sepanjang 5 km dan dilanjutkan peningkatan jalan Puro – Rogdok 2 km dan Rogdok-Matotonan 4 km.

Pembangunan jalan memakai dana APBD yang dibangun tidak masuk jalan Trans Mentawai, dimulai dari Satgicik-Beriulou sepanjang 12 km, Sila’oinan-Betumonga sepanjang 1 km, Simpang Mapadegat sepanjang 800 km dan Simpang SP3 sepanjang 1,8 km.

Sementara itu, untuk pembangunan jembatan pada tahun 2017 ada di wilayah Siberut, yakni Jembatan Barambang di Pokai Siberut Utara sepanjang 15 meter, jembatan Maileppet 1 sepanjang 24 meter dan Maileppet 3 sepanjang 31 meter. Di wilayah Pagai Utara, ada juga pembangunan jembatan Saumangayak sepanjang 36 meter dan jembatan Belekraksok sepanjang 14 meter. Keseluruhan pembangunan jembatan yang dikerjakan tahun ini sepanjang 120 meter. (ers)

Melda
By Melda Juni 14, 2017 12:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Tuliskan komentar anda tentang ini

Loading...