Ratusan Ibu-ibu Mentawai Ikuti Pemeriksaan Dini Kanker Serviks dan Payudara

Melda
By Melda October 10, 2017 11:14

Baksos yang diadakan Bhayangkari Polres Mentawai dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65 tahun 2017 di aula RSUD Mentawai, Senin (9/10). (ers)

MENTAWAI – Bhayangkari Polres Mentawai menggelar bhakti sosial berupa pemeriksaan sekaligus memberi pemahaman terkait kanker serviks dan deteksi kanker payudara. Kegiatan yang diadakan┬ádalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65 tahun 2017 itu diadakan di aula RSUD Mentawai, Senin (9/10).

Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake pada kesempatan itu mengajak seluruh masyarakat Mentawai, khususnya kaum wanita untuk dapat melakukan pemeriksaan dini. Saat ini, kanker menjadi pembunuh tertinggi di Indonesia, bahkan dunia.

“Penderita kanker serviks banyak dialami kaum wanita pada usia produktif. Oleh karena itu, kaum laki-laki juga harus ikut mengingatkan pasangannya untuk melakukan pemeriksaan dalam mengatasi penyakit berbahaya ini,” katanya.

Kesadaran untuk melakukan pemeriksaan secara rutin harus dilakukan kaum wanita. Hal itu tak terlepas dari peran organisasi yang ada di Mentawai untuk lebih giat melakukan sosialisasi hingga ke pelosok Mentawai. Dengan demikian, kaum wanita di Bumi Sikerei paham akan pentingnya tes IVA tersebut.

Jumlah warga yang melakukan tes IVA adalah sebanyak 331. Delapan di antaranya positif kanker serviks.

Menurutnya, masih banyak kaum wanita di Mentawai yang enggan melakukan pemeriksaan. Padahal, kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi dilakukan pemeriksaan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Kepada masyarakat, ia minta tidak malu melakukan pemeriksaan. (ers)

Loading...
Melda
By Melda October 10, 2017 11:14
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...