Rangkaian HUT Padangpanjang dalam Balutan Karnaval Budaya

Melda
By Melda November 28, 2016 08:11
Salah satu penampilan dalam karnaval budaya dalam rangkaian HUT Kota Padangpanjang. (humas)

Salah satu penampilan dalam karnaval budaya dalam rangkaian HUT Kota Padangpanjang. (humas)

PADANGPANJANG – Karnaval budaya menjadi bagian dalam rangkaian peringatan HUT Kota Padangpanjang, Minggu (27/11). Pertunjukan dimulai dari Simpang PDAM, lalu bergerak menuju Jalan Jenderal Sudirman.

Diawali dengan aksi kompak dan enerjik dari 120 pelajar IPDN yang memainkan alat musik marching band. Mereka bergerak seirama bersama lantunan musik yang dimainkan.

Penampilan mereka dalam karnaval yang diadakan mencuri perhatian setiap yang melihatnya. Ditambah dengan atraksi anggota marching band dari kelompok pemain drum yang melakukan aksi membentuk formasi menyusun drum bertingkat. Terlihat seorang mayoret berdiri memutar-mutar stik di atas tumpukan drum.

Adapula yang membentuk formasi kayang. Lalu, di atasnya seorang mayoret menginjak perut seorang anggota marching band yang sedang kayang itu, seakan memperlihatkan bahwa pelajar IPDN adalah mereka yang tanguh kuat dan bersemangat.

Sementara itu, di antara mereka ada yang melakukan atraksi menggigit drum sambil memutarnya hingga 360 derajat. Pertunjukan tersebut mengundang decak kagum masyarakat yang menontonnya hingga tepuk tangan riuh pun turut menghebohkan suasana di hari itu.

Usai atraksi dari pelajar IPDN, barisan peserta karnaval budaya yang diprakarsai oleh Alumni Uda Uni Kota Padangpanjang pun bergerak mengiringi. Terlihat berbagai baju daerah nusantara diperagakan. Ada yang memperagakan baju adat Bali, Jawa dan baju adat Minangkabau tentunya. Untuk baju adat Minang, mereka memperagakan berbagai bentuk disain kontemporer unik namun tetap menarik.

ISI Kota Padangpanjang juga turut ambil bagian. Mereka memperagakan permainan musik tradisional Minangkabau dengan menggunakan alat musik tambua. Di antara perserta karnaval adapula yang memakai kostum cosplay Jepang.
“Pertunjukan ini dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Kota Padangpanjang. Rangkaian festival ini merupakan bentuk rasa syukur dimana Kota Padangpanjang telah berdiri selama 226 tahun,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Edwar Juliartha saat membuka secara resmi Karnaval Budaya sebagai rangkaian acara Festival HUT Kota Padangpanjang, Minggu (27/11).

Ia berharap Kota Padangpanjang bisa mengukuhkan eksistensinya sebagai bagian dari Provinsi Sumatera Barat dan Indonesia pada umumnya. “Semoga visi dan misi Kota Padangpanjang dapat terwujud,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara karnaval budaya tersebut, para asisten, para kepala SKPD, para camat, Dan Ramil, Kapolres dan undangan lainnya. (rin/*)

Melda
By Melda November 28, 2016 08:11
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*