Pustaka Adinegoro Sawahlunto Miliki 30.581 Koleksi Buku

Febry Chaniago
By Febry Chaniago September 3, 2016 18:01

perpustakaan adinegoro

SAWAHLUNTO – Perpustakaan Daerah (Pusda) Adinegoro Kota Sawahlunto saat ini telah memiliki koleksi buku sebanyak 30.581 judul. Buku-buku tersebut terdiri dari koleksi buku keagamaan, politik dan ketatanegaraan, buku ilmu terapan, buku cerita dan lainnya yang diperoleh dari bantuan pemerintah kota melalui APBD dan bantuan Perpusatakaan Nasional.

Kepala Seksi Perpustakaan Kantor Arsip Kota Sawahlunto Reni Irawati menyatakan, saat ini tren kunjungan masyarakat ke Perpusatakaan Adinegoro meningkat setiap tahun. Tahun 2013, kunjungan mencapai 24.793 orang, tahun 2014 mencapai 39.500 pengunjung dan tahun 2015 mencapai 44.042 pengunjung.

“Rata rata perbulan angka kunjungan mencapai 3.500 sampai 4.000 orang atau 350 orang perhari,” kata Reni, Sabtu (3/9).

Untuk mempermudah pengunjung untuk mencari koleksi buku yang akan dibaca, sejak 2015, Perpustakaan Adinegoro Sawahlunto melakukan pengolahan dengan program In List Lite atau pengolahan otomatis. Dengan program itu, pengunjung bisa melihat serta meng-Upgrade buku yang akan dibacanya melalui internet.

Dengan sistim komputerisasi tersebut, lanjutnya, minat baca masyarakat akan terus meningkat dan membaca menjadi budaya hidup masyarakat Sawahlunto dalam menambah ilmu dan membuka wawasan.

‚ÄúSelain upaya itu, kita juga berharap sejumlah fasilitas pendukung seperti kelayakan gedung dan ruang baca agar menjadi perhatian serius semua pihak, termasuk melengkapi buku karena selama ini, penambahan koleksi buku masih mengandalkan dana APBD dan bantuan dari pemerintah pusat,” tandasnya. (tumpak)

Loading...
Febry Chaniago
By Febry Chaniago September 3, 2016 18:01
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...