Punya Beban Kerja Tinggi, Pengawas Pemilu Harus Berkualitas

Melda
By Melda November 4, 2016 08:04
Kepala Sekretariat Panwaslih Kab. Kepulauan Mentawai, saat Rakernis pemutakhiran Data Pemilih, Kamis (3/11). (ers)

Kepala Sekretariat Panwaslih Kab. Kepulauan Mentawai, saat Rakernis pemutakhiran Data Pemilih, Kamis (3/11). (ers)

MENTAWAI – Anggota Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) dan PPL (Panitia Pengawas Lapangan) harus lebih berkualitas dalam melakukan tugas pengawasan di setiap pelosok daerah Mentawai. Pasalnya, mereka adalah gerbang pengawasan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mentawai tahun 2017.

Kualitas Panwascam dan PPL harus lebih baik dari sebelumnya, walaupun di dalamnya ada yang baru maupun yang lama menjadi pengawas” kata Ketua Badan Pengawas Pemilu Daerah (Panwaslih) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Lazuardi kepada padangmedia.com, Kamis (3/11). 

Untuk meningkatkan kualitas panwascam dan PPL, telah dilakukan bimbingan teknis dan rapat keja teknis agar pelaksanaan tugas di lapangan dapat berjalan dengan baik. Panwascam perlu memahami makna dan tujuan pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung secara teknis dan subtansial. 

Dikatakan, pemilihan umum termasuk pilkada merupakan proses demokrasi untuk penguatan rakyat, sebagai pelaksanaan kedaulatan dalam bidang politik. Karena itu, setiap panwascam dan PPL harus memastikan dalam pemutakhiran data pemilih betul-betul teliti sehingga pada pelaksanaannya tidak terjadi benturan.

“Pengawas itu memiliki beban kerja tiga kali lipat dibanding penyelenggara lainnya karena bekerja dari awal sampai akhir pemilihan kepala daerah setempat,” tukasnya.

Sementara, Kepala Sekretariat Panwaslih Kabupaten Kepulauan Mentawai, Rosalinda Sugiri Sababalat mengatakan, pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dalam pemutakhiran Data Pemilih Kabupaten Kepulauan Mentawai diikuti 10 kecamatan yang berjumlah sebanyak 40 orang peserta, setiap masing-masing kecamatan di utus 4 orang.

Menurutnya, komunikasi dan koordinasi antara Panwascam dan PPL yang berada di lapangan harus berjalan dengan baik agar tercipta persepsi yang sama maupun pada Panwaslih kabupaten. Apalagi, pelaksanaan kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati tak lama lagi. Tugas mereka sudah di depan mata dan itu penuh tantangan serta godaan yang berada di pelosok pulau Mentawai.

Ia berharap seluruh Panwascam yang berada di kecamatan maupun PPL dapat bekerja dengan maksimal di setiap tempat tugasnya. “Kita sukseskan pemilihan kepala daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan memastikan penyelenggaraan pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan berkualitas serta dilaksanakan peraturan perundang-undangan mengenai pemilu secara menyeluruh,” ujarnya. (ers)

 

 

Melda
By Melda November 4, 2016 08:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*