Polres Mentawai Buka Penerimaan Polri untuk Pulau Terluar

Melda
By Melda March 20, 2017 21:10

penerimaan polisi

MENTAWAI – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali membuka kesempatan bagi pemuda dan pemudi Bumi Sikerei untuk mengabdi sebagai anggota Polri. Pembukaan pendaftaran dilakukan sejak 14 Maret sampai 14 April 2017 di Mako Polres Km. 9 Tuapeijat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kepala Bagian Sumberdaya (Kabagsumda) Polres Mentawai, Kompol. A. Surya Negara kepada padangmedia.com, Senin (20/3) di Mako Polres Mentawai menyampaikan, penerimaan anggota Polri merupakan program yang sudah diprioritaskan kepada daerah pulau terluar dan terdepan, khususnya di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kita sudah melakukan sosialisasi melalui polsek yang ada di empat pulau Mentawai, baik itu di sekolah dan pertemuan di tengah masyarakat serta media informasi seperti radio yang ada di Tuapeijat,” ujarnya.

Hasil sosialisasi yang dilakukan pihaknya selama ini, respon masyarakat sangat positif. Hal itu nampak dari animo generasi muda Mentawai untuk mendaftarkan diri masuk Polri. Sampai saat ini, peserta yang mendaftar sudah sebanyak 23 orang terdiri dari 20 peserta pendaftar Bintara Polri dan tiga orang mendaftar Akpol. Sementara untuk calon tamtama belum ada yang mendaftar, tukasnya.

Ia berharap pemuda-pemudi Mentawai tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk mendaftar. Apalagi dalam penerimaan diutamakan putra daerah. Dengan sosialisasi yang dilakukan, Surya Negara berharap peminat yang mendaftar masuk Polri diusahakan lebih banyak, sehingga pemuda-pemudi Mentawai akan semakin banyak yang menjadi Polri sebagai pengayom masyarakat di daerahnya nanti.

Bagi pemuda pemudi Mentawai yang berminat, katanya, cukup mempersiapkan diri. Adapun seleksinya akan dilakukan secara transparan. Hal tersebut untuk menghilangkan imej negatif selama ini bahwa masuk polisi harus punya uang banyak.

Sementara itu, Panitia Bantuan Penerimaan (Pabanrim) anggota Polri, Aiptu. Yanuar. RA menambahkan, para pemuda-pemudi Mentawai yang berminat menjadi anggota Polri tidak perlu khawatir karena tidak memiliki uang. Yang lebih penting adalah kemauan dan berbadan sehat.

Penerimaan polri untuk pulau terdepan dan terluar jatah dari Polda Sumbar ditargetkan sebanyak 10 persen. Namun, itu harus sesuai dengan aturan dengan memenuhi persayaratan yang lengkap dan sesuai hasil tes.

Dikatakan Yanuar, jumlah personil anggota Polri Kepulauan Mentawai yang riil sekarang adalah sebanyak 251 petugas. Seharusnya ada sekitar 534 personil.  Setiap calon anggota Polri yang sudah lulus nantinya, selama satu tahun akan melakukan magang dan dikembalikan untuk mengabdi di daerahnya. (ers)

Loading...
Melda
By Melda March 20, 2017 21:10
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

PR NEWSWIRE

Loading...