Polres Mentawai Amankan Arus Balik Mudik Lebaran

Melda
By Melda June 30, 2017 20:08
Anggota Polres Mentawai mengamankan arus balik pemudik di dermaga Tuapeijat. (ers)

Anggota Polres Mentawai mengamankan arus balik pemudik di dermaga Tuapeijat. (ers)

MENTAWAI – Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP. Hasanuddin SAg melakukan pengecekan kesiapan pos pengamanan (Pos Pam) pelayanan arus balik Idul Fitri 1438 H serta melaksanakan apel bersama personel yang terlibat Operasi Ramadniya di Pelabuhan Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jumat (30/6).

Dikatakan Kapolres, personel akan ditempatkan sepenuhnya pada pos pengamanan yang telah disiapkan. Selain melakukan pengecekan kesiapan pospam pelayanan arus balik mudik, Kapolres juga melakukan pengecekan dan memantau satlantas yang disiapkan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas bagi pengendara selama arus mudik.

Persiapan pada pospam pelayanan arus balik sampai saat ini, kata Kapolres, sudah mencapai target. Petugas akan memberikan informasi mengenai situasi lalu lintas kepada masyarakat agar penyelenggaraan arus balik mudik di pelabuhan dapat berjalan dengan tertib.

“Pemantauan dilakukan untuk mengecek kesiapan personil, tempat dan juga alat kelengkapan pos pam arus balik mudik lebaran sesuai komitmen yang disampaikan pada apel pasukan operasi ramadniya,” ujar Kapolres kepada padangmedia.com.

Pelabuhan Tuapeijat merupakan jalur satu-satunya tujuan pemudik yang melewati jalur laut di wilayah Mentawai. Hal ini menjadi perhatian khusus Polres Kepulauan Mentawai untuk melakukan mengantisipasi terjadinya tindak kriminal.

Menurutnya, mudik merupakan perjalanan yang sering kali menguras energi dan rawan terjadinya kejahatan konvesional seperti kecopetan, jambret, peredaran narkoba dan lainnya.

Arus mudik di Pelabuhan Tuapeijat dari informasi syahbandar akan dilayani oleh 4 kapal, yaitu Kapal Mentawai Fast 1, Mentawai Fast 2, dua kapal ASDP yakni KMP. Gamboloh`dan KMP. Ambu-Ambu ditambah dengan kapal Perintis Sabuk Nusantara.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan pimpinan Syahbandar Tuapeijat Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk mengetahui jadwal pemberangkatan kapal, baik yang datang maupun yang berangkat. Jadwal pemberangkatan akan terus dicek, jangan sampai terjadi penumpukan penumpang dan kendaraan demi menjaga keselamatan penumpang, terangnya.

Ia menambahkan, selama arus balik mudik pihaknya telah menyiagakan personil di beberapa titik lokasi yang dianggap rawan konflik, termasuk di area lokasi pelabuhan setiap hari melakukan pengamanan saat jadwal kapal masuk maupun jadwal kapal berangkat. Hal itu guna mengamankan calon penumpang dan membantu kelancaran di Pelabuhan Tuapeijat, tukasnya. (ers)

Melda
By Melda June 30, 2017 20:08
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*