PKK Ampek Angkek Juara Cipta Menu Pangan

Melda
By Melda Agustus 12, 2015 06:50

Related Articles

AGAM-Lomba cipta menu pangan olahan berbahan baku lokal yang beragam berimbang dan bergizi (B2SA) tingkat kabupaten di menangkan Tim Penggerak PKK Kecamatan Ampek Angkek, Selasa (11/8).

TP-PKK Kecamatan Ampek Angkek unggul dengan nilai 130 setelah dinilai oleh Dewan Juri dari Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, BP4K2P, Dinas Kelautan dan Perikanan dan TP-PKK Kabupaten Agam. Dengan kemenangan ini, TP-PKK Kecamatan Ampek Angkek berhak mendapatkan piagam, tropi dan uang tabanas.

Sedangkan juara kedua diraih oleh Kecamatan Kamang Magek, Juara III Tanjung Mutiara. Harapan 1 Tanjung Raya, harapan II Baso dan Juara harapan III Palupuh. Sementara itu, untuk juara favorit diraih oleh Kecamatan Lubuk Basung.

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu alternatif dalam rangka untuk mengurangi krisis ketahanan pangan dan sebagai ajang mempromosikan makanan lokal.

“Terimakasih pada Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam dan Tim Penggerak PKK atas dukungannya. Saya berharap kegiatan ini akan mampu menjadi motivasi bagi ibu-ibu di kecamatan untuk mengembangkan potensi di wilayah masing-masing,” pinta Indra Catri.

Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri, menyampaikan Lomba Cipta Menu ini diikuti oleh perwakilan dari kader-kader PKK kecamatan.

“Tujuannya untuk memasyarakatkan dan membiasakan seluruh anggota keluarga untuk mengkonsumsi aneka menu pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman yang berbahan dasar non beras-non terigu dengan memanfaatkan potensi yang ada disekitar kita,” jelasnya.

Ny. Vita menjelaskan, Kecamatan Ampek Angkek nantinya akan maju ke tingkat Provinsi Sumatera Barat untuk mewakili Kabupaten Agam yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini.

Penilaian Lomba Cipta Menu ini sendiri didasarkan pada beberapa kriteria penilaian yang meliputi penampilan dan penyajian, kreatifitas, cita rasa, daftar resep, jenis/berat dan harga bahan baku serta nilai gizi yang digunakan untuk pembuatan makanan yang dilombakan.

Selain memberikan hadiah kepada para pemenang B2SA, juga diberikan hadiah bagi pemenang juara lomba bunga dalam pot, lomba bumbu dalam pot tingkat Kecamatan lubuk Basung. Pada lomba bunga dalam pot juara satu diraih oleh kelompok tani Batu Kuak Kampuang Tangah, juara dua kelompok ternak Elok Basamo Balai Ahad, juara ketiga kelompok tani Bungo Tanjuang Kampuang Tangah.

Sementara itu, untuk lomba bumbu dalam pot juara satu diraih oleh Kelompok Tani Suka Jadi Balai Ahad, juara dua Kelompok Perikanan Suka Jadi dan juara ketiga Kelompok Elok Tani Basamo Balai Ahad. (Wan)

Melda
By Melda Agustus 12, 2015 06:50
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...