Petani di Dharmasraya Dapat Bantuan Alsintan Senilai Rp2 Miliar Lebih

Melda
By Melda December 14, 2016 20:04
Bupati Dharmasraya mencoba menaiki alsintan yang merupakan bantuan dana Pokkir Anggota DPR RI, Alex Indra Lukman. (eko)

Bupati Dharmasraya mencoba menaiki alsintan yang merupakan bantuan dana Pokkir Anggota DPR RI, Alex Indra Lukman. (eko)

DHARMASRAYA – Minimnya tenaga kerja pertanian dan luasnya cakupan potensi produksi, membuat para petani di Kabupaten Dharmasraya memilih jalur mekanisasi dalam meningkatkan pendapatan usahanya. Itulah sebabnya, pemerintah terus berupaya memberikan layanan terhadap kebutuhan petani. Salah satunya dengan memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada para pahlawan pangan. Melalui bentuan Alsintan diharapkan tingkat keuntungan petani dalam berusaha menjadi lebih baik.

Di Kabupaten Dharmasraya, bantuan Alsintan dari pemerintah difasilitasi melalui aspirasi wakil rakyat asal PDI-P, Alek Indra Lukman. Anggota Komisi V DPR RI itu mengarahkan dana pokok-pokok pikiran (Pokkir) tahun 2016 untuk membantu Alsintan para petani Dharmasraya. Alsintan yang dibawa Alek berupa traktor 5 unit senilai Rp1,9 miliar lebih, hand traktor 2 unit senilai Rp42 juta, transplanter 2 unit senilai Rp116 juta, pompa air 5 unit Rp48 juta, Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO) senilai Rp1,65 miliar dan hand sprayer 65 unit senilai Rp37 juta.

Bupati Dhamasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan yang juga kader PDI-P, Pokkir Alek Indra Lukman kemudian didistribusikan secara merata kepada kelompok tani dan gabungan kelompok tani di kabupaten berjuluk petrodolar tersebut.

Dalam pesannya kepada para petani, bupati pro rakyat ini mengatakan, pemberian bantuan Alsintan itu sasaran akhirnya adalah agar para petani untung besar dalam menjalankan usahanya. Selain itu, para petani dapat meningkatkan kontribusi terhadap usaha memantapkan ketahanan pangan nasional melalui peningkatan produksi.

“Dan jangan lupa, bantuan itu dirawat dengan baik. Patuhi segala peraturan, supaya bantuan ini bisa berkembang dengan baik,” ujar peraih anugerah keterbukaan informasi publik tingkat Sumatera Barat tahun 2016, Rabu (14/12). (eko)

Melda
By Melda December 14, 2016 20:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*