Perempuan Perlu Pahami Pentingnya Tes IVA

Melda
By Melda October 10, 2017 16:36

Baksos yang diadakan Bhayangkari Polres Mentawai dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65 tahun 2017 di aula RSUD Mentawai, Senin (9/10). (ers)

MENTAWAI – Kaum perempuan perlu memahami pentingnya pemeriksaan tes IVA. Tes IV A merupakan pemeriksaan dengan alat sederhana yang bertujuan mendeteksi dini kanker serviks.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, tes IVA merupakan salah satu cara mendeteksi kanker mulut rahim atau serviks selain dengan cara papsmear. Tes IVA lebih mudah dilakukan dibanding papsmear.

Dikatakan Lahmuddin, penyakit kanker serviks mempunyai beberapa faktor risiko yang harus diketahui masyarakat, khususnya kaum wanita. Salah satunya merokok yang sangat besar pengaruhnya terhadap kanker. Selain itu, memiliki banyak anak juga berisiko disamping kebersihan organ intim.

Untuk mencegahnya, harus perbanyak makan sayuran, berolahraga secara teratur, dan menjaga kebersihan organ intim.

“Jadi pada intinya, semua bersinergi dalam menjaga pola hidup sehat. Ini semua bagian dari program yang dicanangkan dalam pesan 7 Sikerei,” kata Lahmuddin saat bakti sosial berupa pemeriksaan dini kanker serviks dan payudara yang diadakan Bhayangkari Polres Mentawai di aula RSUD Mentawai bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (9/10).

Sementara itu, Wakil Ketua Bhayangkari Polres Mentawai, Ny. Erni Mayarudin mengatakan, kegiatan Baksos kesehatan masyarakat itu dalam rangka Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65 tahun 2017. Maksud dan tujuannya adalah untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada kaum wanita tentang deteksi kanker leher rahim dan payudara.

“Organ intim wanita merupakan hal paling telak bagi yang sudah berumah tangga. Juga kepentingan kesehatan untuk kelanjutan berikutnya ketika melahirkan otomatis akan memilki generasi yang sehat dan berkualitas,” ujar Erni.

Ia minta kepada tim kesehatan untuk memberikan penjelasan secara global, apa yang menjadi manfaat dan efek samping ketika menderita penyakit kanker servik tersebut. Pada prinsipnya, kata Erni, tes IVA yang dilaksanakan adalah dalam rangka menekan kematian dan meningkatkan kulaitas hidup kaum wanita. (ers)

Melda
By Melda October 10, 2017 16:36
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*