Perekonomian Sumbar Akan Tumbuh Moderat Tahun 2017

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Januari 11, 2017 22:07
Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf saat memanen padi gadang rumpun. (tumpak)

Lapangan usaha pertanian masih menjadi mesin utama pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat tahun 2017 bersama lapangan usaha perdagangan. (dokumentasi padangmedia)

PADANG – Pertumbuhan Ekonomi (PE) Sumatera Barat tahun 2017 ini akan tumbuh moderat. Bank Indonesia memprakirakan, PE Sumatera Barat akan berada pada angka 5,3 sampai 5,7 persen (year on year/ yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah Sumatera Barat Puji Atmoko menyebutkan, adanya ekspektasi perbaikan kinerja beberapa komponen atau lapangan usaha Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) diprakirakan memberikan dampak pada peningkatan pertumbuhan walaupun dalam level yang masih terbatas.

“Walaupun struktur perekonomian Sumatera Barat belum banyak mengalami perubahan, baik di sektor primer, sekunder maupun tersier,” katanya.

Perbaikan kinerja tersebut, lanjutnya, dari sisi permintaan komponen pengeluaran ekspor dan investasi menjadi sumber pertumbuhan utama. Hal ini seiring dengan proyeksi perbaikan harga komoditas internasional dan keseriusan pemerintah melalui berbagai paket kebijakan ekonomi untuk membenahi iklim investasi.

Sementara itu, dari sisi penawaran, lapangan usaha pertanian dan lapangan usaha perdagangan diproyeksikan masih menjadi mesin utama PE Sumatera Barat tahun ini. Hal tersebut sejalan dengan kebijakan nasional dalam mendukung kedaulatan pangan dan sektor unggulan maritim dan kelautan serta prakiraan meningkatnya daya beli masyarakat.

Untuk tahun 2016, Puji menyebut prakiraakn PE Sumatera Barat cenderung stabil dibanding tahun 2015. Prakiraan PE Sumatera Barat tahun 2016 berada pada angka 5,2 sampai 5,6 persen (yoy).

“Proyeksi Bank Indonesia, pertumbuhan tahun 2016 cenderung stabil dibanding tahun 2015 yang sebesar 5,41 persen (yoy),” ujarnya.

PE Sumatera Barat tahun 2016 dari sisi permintaan terutama ditopang oleh kinerja konsumsi rumahtangga, konsumsi pemerintah dan investasi. Sementara dari sisi lapangan usaha, kinerja pertanian cenderung melambat sedangkan perdagangan besar dan eceran, inudstri pengolahan serta transportasi dan pergudangan diprakirakan tumbuh meningkat. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Januari 11, 2017 22:07
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*