Pengobatan Massal Jadi Kabar Gembira untuk Warga Mentawai

Melda
By Melda Februari 7, 2018 11:50

Related Articles

Kegiatan massal di Mentawai. (ers)

TUAPEIJAT – Kegiatan bhakti sosial pengobatan massal yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai mendapat respon baik dari masyarakat. Pengobatan massal jarang dirasakan oleh warga setempat.

Salah seorang warga Desa Sipora Jaya, Alim Mustofa saat ditemui di lokasi baksos, Rabu (7/2/2018) mengatakan, pengobatan massal yang dilaksanakan itu sangat membantu, terutama bagi warga tak mampu di wilayah pinggiran Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Pengobatan massal ini diharapkan tidak hanya sekali saja. Sering-seringlah ada pengobatan massal. zMungkin ada kegiatan lain seperti melakukan sunatan massal, operasi bibir sumbing dan lainnya,” kata Alim Mustofa.

Dengan hadirnya para pejabat tinggi negara dan juga beberapa tenaga dokter dari pusat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekaligus memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat di Bumi Sikerei, ujarnya.

Kepala Desa Sipora Jaya, Muji Anto mengatakan, kegiatan baksos pengobatan massal yang di selenggarakan oleh TNI sangat membantu masyarakat. Apalagi persoalan kesehatan di Mentawai sangat perlu perhatian. Begitu juga soal pelayanan perlu ditingkatkan.

“Sebagaimana diketahui, Mentawai satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat yang berada di kepulauan yang jauh dari daratan. Masyarakat Mentawai sangat menginginkan adanya perlakuan khusus soal kesehatan ini,” kata Muji.

Melihat dari kasus sebelumnya yang terjadi, ketika warga dalam keadaan darurat lebih banyak dilakukan rujuk keluar daerah. Sementara warga di Mentawai banyak yang tak mampu karena biayanya sangat besar.

Keluhan seperti itu diharapkan dapat menjadi perhatian oleh pemerintah pusat, provinsi maupun daerah, bagaimana agar masyarakat Mentawai bisa diringankan dalam hal biaya.

Di tempat terpisah, Camat Sipora Utara, Narman Ulian sangat mendukung dengan dilaksanakannya kegiatan baksos pengobatan massal dalam rangka HPN yang dipusatkan di wilayah Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kegiatan semacam itu, katanya, kalau bisa dilakukan terus menerus, karena daerah Mentawai termasuk daerah yang sangat sulit dijangkau. “Kita sangat bersyukur ada pengobatan gratis dan sangat membantu sekali terutama bagi masyarakat miskin di Mentawai,” ujarnya. (ers)

Melda
By Melda Februari 7, 2018 11:50
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...