Pendataan Trase KA Konektifitas Sumatera Tuntas Tahun Ini

Febry Chaniago
By Febry Chaniago June 1, 2016 16:04
Kereta Api (ilustrasi/republika)

Kereta Api (ilustrasi/republika)

PADANG – Pendataan trase Kereta Api untuk Konektifitas Sumatera di Sumatera Barat direncanakan tuntas tahun 2016 ini. Untuk trase yang sebelumnya sudah ada tengah dilakukan penguatan sementara untuk trase baru tengah dilakukan studi kelayakan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi  dan Informasi (Dishub Kominfo) Provinsi Sumatera Barat Amran, Rabu (1/6) menyebutkan, penguatan trase KA Konektifitas Sumatera dilakukan seperti jembatan, bantalan rel dan penguatan rel dari R33 menjadi R54. Penguatan trase saat ini tengah dilakukan di titik Muaro Kalaban Kota Sawahlunto menuju Gambok di Sijunjung untuk jalur menuju Logas di Provinsi Riau.

“Seluruh trase ini tengah dipersiapkan pendataannya dan ditargetkan tahun ini rampung. Trase yang sudah ada akan diperbaiki dan ditingkatkan sementara yang belum akan dilakukan studi lingkungan,” katanya.

Mengenai adanya bangunan milik masyarakat di atas trase saat ini, Amran mengakui hal itu bukan masalah. Untuk pembebasannya kembali akan dilakukan pendekatan sosial kepada masyarakat dan menyadarkan bahwa trase tersebut adalah milik negara.

Untuk konektifitas Sumatera jalur kereta api, Amran menyebutkan pemerintah menargetkan tuntas dan bisa dioperasikan pada tahun 2019 mendatang. Jalur KA Konektifitas Sumatera yang berada di wilayah Sumatera Barat diperkirakan sekitar 80 sampai 100 kilometer.

Untuk di dalam provinsi Sumatera Barat sendiri, saat ini juga tengah dilakukan studi terhadap jalur atau trase Padangpanjang – Payakumbuh. Sementara untuk konektifitas Sumatera arah selatan ke Provinsi Jambi juga sedang dalam kajian.

Dengan terealisasinya trase Konektifitas Sumatera tersebut sesuai target Kementerian Perhubungan pada 2019, maka moda transportasi antar provinsi di Pulau Sumatera akan bertambah dengan Kereta Api. Dengan demikian, seluruh provinsi di Sumatera akan terkoneksi yang akan berdampak kepada berbagai sektor seperti ekonomi dan pembangunan. (feb)

Loading...
Febry Chaniago
By Febry Chaniago June 1, 2016 16:04
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...