Pemko Padangpanjang Gelar Lomba Puisi Tingkat Nasional

Melda
By Melda November 28, 2017 15:22

Salah seorang peserta lomba baca puisi tingkat nasional yang diadakan Pemko Padangpanjang sedang beraksi. (foto: humas)

PADANGPANJANG – Pemerintah Kota Padangpanjang kembali menggelar event bartaraf nasional. Kali ini, Pemko melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pariwisata, bekerjasama dengan Forum Penggiat Literasi (FPL) Kota Padangpanjang menggelar lomba baca puisi tingkat nasional, Selasa (28/11).

Acara diselenggarakan di halaman Pusat Dokumentasi dan Infornasi Kebudyaan Minangkabau (PDIKM), Kota Padangpanjang selama tiga hari, 28 sampai 30 November 2017. Peserta sebanyak 160 orang dari berbagai daerah di Indonesia. 

Dalam menyemarakkan rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Padangpanjang ke -227 itu, panitia lomba mensyaratkan puisi ciptaan sendiri dengan tema Kota Padangpanjang kepada para peserta. Total hadiah yang diperebutkan adalah senilai Rp20.000.000.

Untuk juara pertama, panitia telah mempersiapkan hadiah berupa uang tunai Rp10.000.000, juara kedua Rp6.000.000 dan ketiga Rp4.000.000. Lomba itu merupakan tindak lanjut dari lomba baca puisi tingkat Kota Padangpanjang yang digelar FPL dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padangpanjang beberapa bulan lalu.

Ketua Panitia Lomba Baca Puisi Tingkat Nasional, Muhammad Subhan mengatakan, lomba tersebut mendapat apresiasi dari Walikota Padangpanjang Hendri Arnis yang secara khusus meminta FPL dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk membuat kegiatan serupa dengan cakupan yang lebih luas, yaitu tingkat nasional. Kegiatan tersebut juga direspon positif oleh Dinas Pariwisata yang mengagendakan sebagai kalender pariwisata, khususnya dalam menyemarakkan hari jadi Kota Padangpanjang ke 227 bersamaan dengan kegiatan dan festival daerah lainnya.

Turut hadir pada acara pembukaan, Plt Sekda Indra Gusnady, Forkopimda, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, Sekretaris Dinas Pariwisata Dalius Rajab, dan para pejabat lainnya. Adapun juri yang menilai yaitu, Sosiawan Leak (Penyair, Solo), Gus tf Sakai (Penyair, Payakumbuh) dan Muhammad Ibrahim Ilyas (Penyair, Padang). (ris/r)

Melda
By Melda November 28, 2017 15:22
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...