Pemkab Agam Mulai Terapkan e-Planning

Melda
By Melda July 16, 2017 13:19

Pemkab Agam Mulai Terapkan e-Planning

e planning

AGAM – Pemerintah Kabupaten Agam mulai menerapkan perencanaan pembangunan daerah secara elektronik atau e-planning. Dengan demikian, semua program kerja mulai sekarang dilakukan secara daring atau online.

“Dengan aplikasi e-planning, maka mulai dari perencanaan pembangunan, penggunaan dana serta penyusunan Perda APBD bersifat terbuka,” kata Kepala Bappeda Agam, Welfizar, Sabtu (15/7).

Menurutnya, Bappeda merupakan suatu lembaga teknis daerah di bidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah yang dipimpin oleh seorang kepala badan. Badan ini mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah di bidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah.

“Beratnya tupoksi yang diemban membuat Bappeda membutuhkan sebuah alat bantu yang memberikan keuntungan maksimal, baik dari sisi waktu maupun kualitas,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Agam, Marga Indra Putra mengatakan, aplikasi e-planning merupakan terobosan transparansi anggaran sehingga wajib didukung.

Loading...

“Tentunya, semua anggota DPRD harus menyesuaikan adanya sistem penganggaran yang baru tersebut,” pungkasnya.

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-planning) adalah sebuah alat penyusunan RKPD, KUA PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan Kabupaten Agam agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat, dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri No. 54 Tahun 2010. Dengan adanya alat bantu e-planning, Bappeda dapat memaksimalkan sistem dan sistem juga mampu menyajikan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan.

Sekaitan dengan itu, Bappeda Agam bersama OPD terkait, yaitu Dinas Komunikasi Informatika dan Badan Keuangan Daerah serta tim Agam Smart Regency tengah mempersiapkan peluncuran aplikasi e-planing. (fajar)

Melda
By Melda July 16, 2017 13:19
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

PR NEWSWIRE

Loading...