Pembangunan Gedung Baru RSUD M Zein Terhenti, Ini Penjelasan Bupati

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Januari 31, 2017 18:16
Kondisi gedung baru RSUD M Zein Painan di Bukit Taranak Painan Selatan yang terbengkalai setelah pembangunannya terhenti terganjal AMDAL. (fahmi)

Kondisi gedung baru RSUD M Zein Painan di Bukit Taranak Painan Selatan yang terbengkalai setelah pembangunannya terhenti terganjal AMDAL. (fahmi)

PAINAN – Rencana kelanjutan pembangunan gedung baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan terhenti akibat belum mengantongi dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan belum bisa memutuskan rencana kelanjutan pembangunan RSUD tersebut.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, kepada Padangmedia.com Selasa (31/2) menegaskan, hingga saat ini pemkab belum bisa memutuskan rencana kelanjutan pembangunan RSUD tersebut. Persoalan itu membutuhkan kajian yang dalam, meskipun ada angin segar dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan (Bapedalda) Sumatera Barat untuk membuat Dokumen Evalusasi Lingkungan Hidup (DELH) sebagai pengganti dokumen AMDAL.

“Kita belum bisa pastikan. Hingga saat ini kita belum menemukan formula yang tepat. Soal rekomendasi dari Bapeldalda Sumbar, kita belum bisa tanggapi itu,” sebut Hendrajoni.

Dia menegaskan, untuk mengeluarkan aturan dan mengganti syarat AMDAL itu hanya berada dibawah kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup.

“Saya rasa itu mungkin baru wacana dari Bapedalda Sumbar. Jika nanti memang iya, tentu ada mekanismenya dan itu mesti surat dari Kementerian Lingkungan Hidup. Namun surat itu yang belum ada,”jelasnya.

Dia menjelaskan, jika pun ada pengganti syarat AMDAL untuk bisa melanjutkan pembangunan, akan dilakukan kajian detail terlebih dahulu. Syarat tersebut harus menjadi pertimbangan untuk uji kelayakan. Setidaknya penganti AMDAL yang dijadikan sebagai syarat pendiriannya, harus bisa dimulai uji kelayakannya dari awal. Apalagi pendiriannya di lokasi perbukitan yang menyerap lahan seluas 12 ribu meter itu.

“Disini ‘kan jelas yang jadi persoalan itu AMDAL. Jadi yang harus dilakukan itu adalah uji kelayakan, bukan syarat-syarat pengganti,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan di kawasan perbukitan Kabun Taranak Nagari Painan Selatan Painan, Kecamatan IV Jurai telah dihentikan untuk sementara. Pembangunan dimulai pada Mei 2016 lalu, namun dihentikan karena ternyata belum mengantongi AMDAL.

Pembangunan gedung baru rumah sakit tersebut menelan biaya sekitar Rp96 miliar berasal dari pinjaman Pemkab Pesisir Selatan ke Pusat Investasi Pemerintah (PIP). Bunga pinjaman kepada PIP telah dibayarkan sebanyak dua periode. Pemkab Pesisir Selatan telah menghentikan cicilan itu dan akan melanjutkannya setelah AMDAL selesai diurus. (fahmi/f)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Januari 31, 2017 18:16
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*