Pembahasan Tata Beracara BK Segera Dirampungkan

Melda
By Melda September 10, 2015 15:34

PADANG – Badan Kehormatan (BK) merupakan salah satu Alat Kelengkapan (Alkel) DPRD yang bersifat tetap dan dikukuhkan pada sidang paripurna internal  DPRD serta disahkan dengan Surat Keputusan (SK) Pimpinan DPRD. Kehadiran BK diatur secara khusus di dalam Peraturan DPRD tentang Tata Tertib (Tatib) dan Kode Etik dengan tugas pokok dan fungsi  yang sangat substantif , yaitu menjaga marwah  atau harga diri dan citra lembaga beserta seluruh Pimpinan dan Anggotanya.

Bahkan, secara lebih spesifik keberadaan BK diharapkan dapat  menjadi alat kontrol (pengawas) atas kepatuhan dan ketaatan pimpinan dan anggota terhadap pelaksanaan Tatib dan Kode Etik DPRD. Untuk memastikan BK telah melaksanakan Tupoksinya dengan benar  dan proporsional, DPRD Kota Padang memandang perlu seperangkat regulasi yang tetap, mengikat dan baku dalam bentuk Tata Cara Beracara Badan Kehormatan (BK).

Selain itu, BK juga mempunyai tugas dan wewenang seperti memantau dan mengevaluasi disiplin dan kepatuhan terhadap moral, kode etik dan peraturan tata tertip dalam rangka menjaga martabat Kehormatan citra dan rebilitas DPRD.

Sekretaris Pansus I Tata Beracara BK DPRD Kota Padang, Faisal Nasir mengatakan, Pansus telah melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke DPR RI  dan juga ke DPRD Kota Tanggerang dari tanggal 1 hingga 5 Sepetember lalu. Pansus hanya perlu menyesuaikan peraturan perundang-undangan, perubahan draf yang ada di DPR RI, serta Tatib pokok-pokok yang ada di DPRD.

“Sebetulnya Tata Beracara ini sudah hal yang lumrah dan sudah ada di DPRD,” ungkapnya. (baim)

Melda
By Melda September 10, 2015 15:34
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...