Pawai Takbir di Lubuk Basung Meriah

Melda
By Melda August 31, 2017 20:04
Pawai obor di Lubuk Basung, Kamis (31/8) malam. (fajar)

Pawai obor di Lubuk Basung, Kamis (31/8) malam. (fajar)

AGAM – Pelaksanaan pawai takbir menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah di Ibu Kota Kabupaten Agam, Lubuk Basung, berlangsung meriah, Kamis (31/8) malam.

Kegiatan tahunan tersebut diikuti peserta yang berjalan kaki sambil membawa obor mengikuti rute yang ditetapkan. Setiap kelompok membawa satu unit mobil hias sebagai tempat dikumandangkannya takbir.

Gema takbir terdengar bersahut-sahutan antara satu kelompok dengan kelompok lainnya. Tabuhan bedug menyempurnakan penyambutan Idul Adha 1438 Hijriah.

Sementara, ribuan masyarakat Kota Lubuk Basung tumpah ruah menyaksikan pawai takbiran. Masyarakat yang turut membawa keluarga duduk di atas trotoar jalan.

Loading...

Pawai takbiran dimulai usai salat Isya berjemaah yang bergerak dari depan Masjid Agung Nurul Fallah, Padang Baru Lubuk Basung yang dilepaskan Bupati Agam, Indra Catri. Pawai dimeriahkan oleh 66 regu yang terdiri dari SD, SMP, SMA, Remaja Masjid, TPA dan TPQ se Kabupaten Agam.

“Ribuan peserta ini terdiri dari 66 regu. Ini semua bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam kepada masyarakat,” kata Bupati Agam, Indra Catri dalam kesempatan itu.

Sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga untuk melancarkan perjalanan peserta pawai. Rute yang dilintasi yakni Depan Masjid Agung Nurul Fallah, Bundaran Simpang Tigo Lubuk Basung, Simpang IV Lapau Talang, Simpang IV Tangah dan Finish di Masjid Agung Nurul Fallah.

Salah sorang masyarakat Lubuk Basung, Risnaldi (38), saat ditemui padangmedia.com disela-sela pawai mengatakan, pawai takbiran Idhul Adha tahun ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pawai saat ini banyak diikuti anak-anak dan cuaca pun sangat mendukung. Selain itu, kebahagiaan pun terlihat dari masing-masing wajah peserta.

“Setiap tahun saya menyaksikan pawai bersama keluarga saya, tapi baru kali ini yang paling meriah,” pungkasnya. (fajar)

Melda
By Melda August 31, 2017 20:04
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...