Padangpanjang Terus Kembangkan Seni dan Budaya Sebagai Daya Tarik Wisata

Febry Chaniago
By Febry Chaniago October 20, 2016 12:59
Pertunjukan tari tradisional Minangkabau menyambut wisatawan mancanegara di PDIKM Padangpanjang. (HUMAS)

Pertunjukan tari tradisional Minangkabau menyambut wisatawan mancanegara di PDIKM Padangpanjang. (HUMAS)

PADANGPANJANG – Daya tarik wisata tidak saja dari keindahan alam tapi juga dari daya tarik seni dan budaya. Bahkan, wisatawan mancanegara lebih tertarik kepada seni dan budaya untuk berkunjung ke suatu daerah daripada keindahan alam.

Pemerintah Kota Padangpanjang sangat menyadari hal tersebut. Disamping menggenjot pembangunan sektor pariwisata berbasis keindahan alam, kota kecil di perlintasan jalur lintas nasional Sumatera ini terus mengembangkan potensi seni dan budaya yang ada di daerahnya.

Walikota Padangpanjang Hendri Arnis mengungkapkan, pengembangan seni budaya daerah itu dilakukan melalui kehadiran Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis. Salah satu yang berhasil dikembangkan dan menjadi populer saat ini adalah pertunjukan Silek Lanyah (bermain pencak silat di dalam lumpur).

“Silek Lanyah berbasis di Kubu Gadang merupakan satu dari sekian banyak potensi seni dan budaya daerah dan saat ini sudah terkenal ke tingkat nasional bahkan dunia,” ungkapnya.

Upaya lain yang dilakukan oleh Pemko Padangpanjang adalah terus menjalin komunikasi dengan seluruh sanggar seni yang ada, penyedia jasa perjalanan wisata dan sebagainya.

Biro perjalanan wisata mengaku sebagian besar wisatawan yang datang ke Padangpanjang terutama dari luar negeri adalah menuju Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Disini, wisatawan bisa menggali banyak hal tentang kebudayaan Minangkabau sambil disuguhi pertunjukan seni.

Sebanyak 151 orang wisatawan asing dari kapal pesiar Nobel Caledonia yang tengah melakukan expedition tour, singgah ke PDIKM, Rabu (19/10). Suguhan tari dan pertunjukan seni yang dipertontonkan menyambut kedatangan para wisatawan asing tersebut mengundang decak kagum.

Membaca kondisi tersebut, Pemko Padangpanjang akan terus berupaya mendorong berkembangnya seni budaya daerah sehingga Padangpanjang akan semakin mendunia dan menjadi destinasi wisata seni budaya di Sumatera Barat. (feb/*)

Loading...
Febry Chaniago
By Febry Chaniago October 20, 2016 12:59
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...