Padang Fiesta 2015 Beri Peluang UMKM

Melda
By Melda October 23, 2015 11:17

Fiesta 2015 dibuka Walikota Padang Mahyeldi. (derius)

PADANG-Sedikitnya 200 stand turut meramaikan Padang Fiesta 2015 yang digelar di pelataran parkir GOR H. Agus Salim Padang. Gelaran pameran berbagai produk industri mikro kecil menengah hingga besar tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo, ditandai dengan menabuh beduk bersama Ketua Dekranasda Harneli Mahyeldi dan pihak penyelenggara PT Solindo Duta Convex, kamis (22/10) malam tadi.

Walikota Mahyeldi mengapresiasi pameran yang cukup banyak mengakomodir produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) ini.

Menurutnya, UMKM adalah salah satu motor penggerak ekonomi di Kota Padang. Bila mereka diberikan akses yang lebih luas untuk pengembangan pasar usaha niscaya mereka akan lebih cepat berkembang.

“Saya gembira dengan adanya pameran seperti ini karena akan mendorong UMKM lebih maju dan berkembang. Selain sebagai salah satu penggerak ekonomi, UMKM merupakan basis usaha rakyat yang perlu mendapat pasar lebih luas,” ujar Mahyeldi.

Ia menegaskan, untuk menciptakan pasar bagi UMKM inilah yang menjadi alasan dirinya tidak memberikan izin terhadap retail (waralaba) dari luar yang tidak berbasis lokal. “Sampai sekarang saya tidak mengizinkan waralaba atau usaha sejenis yang menjadikan Padang sebagai ‘lapau’ tetapi tidak mengakomodir produk UMKM di daerah ini,” tegasnya.

Jika pasar modern atau waralaba ingin membuka usaha di Padang, lanjut Mahyeldi, yang bersangkutan harus mau menerima syarat untuk menampung sedikitnya 20 persen produk lokal dan memberi tempat 20 persen pedagang kaki lima. “Syarat ini kita tentukan agar masyarakat setempat tidak menjadi konsumen saja melainkan juga menjadi tuan rumah dan pelaku,” ulasnya.

Mahyeldi juga mengingatkan kepada dunia usaha di Kota Padang agar lebih meningkatkan kualitas dari produknya agar mampu bersaing di pasar yang lebih luas. “Kualitas produk harus ditingkatkan, terutama kemasan harus dibuat lebih menarik,” katanya.

Sementara itu, Khairul Umayah dari pihak penyelenggara mengungkapkan, pada Padang Fiesta 2015 ini turut berpartisipasi 100 UMKM dari semua kecamatan di Kota Padang.

“Pada Padang Fiesta 2015 ini kita adakan rangkaian hiburan yang akan menarik banyak pengunjung. Menghadirkan Mahesa KDI, Bomerang Band serta pemilihan Putra-Putri Bahari ,” ujar Khairul Umayah.

Untuk nuansa yang dihadirkan pada Padang Fiesta 2015 ini, selain ratusan lampion berwarna warni dan aneka bentuk, juga ada tampilan replika bangunanbangunan eksotik duni seperti Taj Mahal, Klenteng dan lain-lain.(derius)

Loading...
Melda
By Melda October 23, 2015 11:17
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

PR NEWSWIRE

Loading...