Love Our Heritage Gelar Jelajah Cikini – Menteng

Nita Indrawati
By Nita Indrawati July 24, 2015 20:03

JAKARTA – Komunitas pecinta seni, budaya dan peninggalan-peninggalan  sejarah Love Our Heritage menggelar kegiatan Jelajah Cikini – Menteng, Sabtu (8/8) nanti.  Komunitas yang menjalankan misinya melalui tindakan nyata ini kembali mengadakan rangkaian wisata jelajah kota tua dan sejarahnya dengan rute start Museum Gedung Juang 45 – Jalan Menteng Raya No. 31, Jakarta Pusat.

Menurut Koordinator Love Our Heritage Adjie Hadipriawan dipilihnya jelajah Cikini – Menteng karna dari satu lokasi ke lokasi memilki nilai bersejarah, mulai Museum Juang 45, Kantor Pos Cikini, Ex Gedung Bank Industri Negara atau Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) – Bank Mandiri.

“Jelajah bersejarah ini dilanjutkan menuju Mesjid Cut Meutia – Gedung ex- Imigrasi atau Buddha Bar  yang dikenal Tugu Kunstkring Paleis yang terdapat Art Gallery di dalamnya. Dilanjtkan ke Museum Jenderal Besar DR. AH. Nasution menuju Taman Situ Lembang dan Museum Perumusan Naskah Proklamasi, ” sebutnya kepada padangmedia.com melalui pers relisnya Jum’at (24/7).

Dia mengungkapkan sebuah kantor bernama de Bouwploeg (Boplo) di sekitar Van Heutz Plein yang merupakan kantor pengembang kawasan perumahan Menteng pembangunan kota vila pertama di Jakarta (dulu Batavia) dilakukan mulai tahun 1910 sampai tahun 1918.

“Proyek perumahan Menteng ini pun dinamakan Nieuw Gondangdia dan menempati lahan seluas 73 Ha sebagai kota yang terintegarsi dengan suburban lain yang terpenuhi semua kebutuhan perumahan untuk kehidupan yang layak,” jelas Adjie.

Perancangnya adalah tim arsitek yang dipimpin oleh P.A.J. Mooijen, seorang arsitek Belanda yang merupakan anggota tim pengembang yang  dibentuk pemerintah kota Batavia. Rancangan Mooijen dimodifikasi oleh F.J. Kubatz dengan mengubah tata jalan dan penambahan taman-taman hingga mencapai bentuk yang tetap antara 1920an dan 1930an.

Juga terdapat sejumlah bangunan-bangunan bersejarah, sebutnya di kawasan Nieuw Gondangdia yang masih bisa kita saksikan kemegahannya  hingga kini, dan beberapa di antaranya akan kita kunjungi.

Kegiatan tour ini, jelasnya terbatas hanya untuk 30 orang dengan pendaftaran Rp 100.000 perorang. bisa menghubungi Adjie Hadipriawan 0818-724483, Putu Dinarti 0813-14007607 dan Amel Gunawan 08128220770,
pungkasnya. (tumpak)

 

Loading...
Nita Indrawati
By Nita Indrawati July 24, 2015 20:03
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

PR NEWSWIRE

Loading...