Kualitas Data Pemilih Tentukan Kesuksesan Pemilu

Melda
By Melda August 28, 2015 14:46

IMG-20150828-04381

PAINAN- Pendataan pemilih harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Kualitas data pemilih sangat menentukan kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu).

Koordinator Divisi sosialisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Sumatera Barat Nova Indra di Nagari IV Koto Mudiek Kecamatan Batangkapas kabupaten Pesisir Selatan, Jumat (28/8) menyatakan, akurasi data pemilih menjadi penentu bagi terselenggaranya pemilihan yang baik dan berkualitas.

“Ketika pendataan pemilih sudah dilakukan dengan cermat, maka boleh dikatakan Pemilu telah sukses,” katanya.

Hal itu menurutnya, karena berdasarkan pengalaman sepanjang pelaksanaan pemilihan, baik Pemilu legislatif maupun pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah, potensi sengketa pemilihan yang ditimbulkan oleh data pemilih cukup banyak.

“Sehingga, KPU terus membenahi sistem pendataan pemilih agar mendapatkan data pemilih yang lebih akurat,” ujarnya.

Nova Indra ke Nagari IV Koto Mudiek Kecamatan Batangkapas dalam rangka monitoring pendataan pemilih untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2015. Nova Indra didampingi Kordiv Sosialisasi KPU Kabupaten Pesisir Selatan, Riswandi.

Walinagari IV Koto Mudiek, Syafran Tamsa menyebutkan, pelaksanaan pendataan oleh PPDP berjalan lancar. Sejauh ini, tidak ada kendala yang berarti.

“Tidak ada kendala berarti. Di sini ada 1.902 pemilih dengan 6 TPS,” kata Syafran.

Hal-hal teknis yang sering dihadapi petugas pengelola data pemilih (PPDP) di lapangan menurut ketua PPK Kecamatan Batangkapas, Nova adalah masyarakat pemilih yang tidak berada di tempat.

“Ada warga yang karena sibuk bekerja di sawah atau di ladang, ada juga warga yang merantau musiman. Ini menjadi perhatian bagi petugas pendata untuk memastikan bahwa warga tersebut terdaftar sebagai pemilih,” katanya.

Pilkada di Sumbar akan dilakukan serentak antara pemilihan gubernur- wakil gubernur (pilgub) dan pemilihan di 13 kabupaten/ kota. 13 daerah yang akan melaksanakan pilkada serentak di Sumbar tersebut adalah Kabupaten Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Dharmasraya, Tanahdatar, Limapuluh Kota, Agam, Pasaman, Pasaman Barat dan Kota Solok serta Kota Bukittinggi. Hari H pemungutan suara akan dilangsungkan pada 9 Desember 2015. (feb)

Melda
By Melda August 28, 2015 14:46
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*