KPUD Mentawai Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 70 Persen

Melda
By Melda November 9, 2016 07:36

Related Articles

MENTAWAI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai menargetkan partisipasi masyarakat Mentawai dalam pemilihan kepala daerah yang digelar 15 Februari 2016 mencapai 70 persen. Artinya, naik 8 persen dibandingkan pemilihan pilgub sebelumnya yang hanya 62 persen. 

“Kita tidak muluk-muluk, walupun banyak asumsi pada pemilihan kepala daerah akan banyak ikut berpartisipasi memilih, tetapi kita tetap memberikan tingkat partisipasi pemilih 70 persen,” kata Ketua KPUD Mentawai Laurensius kepada padangmedia.com, Selasa (8/11).

Dikatakan, sosialisasi dilakukan dengan tiga cara, yakni sosialisasi melalui KPU sendiri, sosialisasi yang dilakukan peserta pilkada, serta sosialisasi melalui media massa. Sosialisasi yang dilakukan dengan tiga cara tersebut diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pada pilkada mendatang.

Meski demikian, dengan geografis Kepulauan Mentawai yang begitu susah serta tingkat SDM masyarakat yang masih rendah, KPU hanya bisa menargetkan 70 persen tingkat partisipasi pemilih. Maksimal bisa ditargetkan sampai 90 persen kalau saja sosialisasi pemilu bergerak di semua lini.

“Sukses dalam pelaksanaan penyelenggaran pemilihan umum tidak ada dalam aturan. Tetapi, kesuksesan tersebut dalam penilaian instisusi. Kalau lebih dari yang sudah ditargetkan lebih baik lagi,” katanya.

Indikator keberhasilan penyelenggaraan pilkada lainnya, kata Laurensius, dilihat dari segi independensi penyelenggara. Karena itu, penyelenggara yang berada di kecamatan mulai dari KPPS, PPS dan PPK harus mengedepankan independensi supaya tidak timbul kecurangan.

Di samping itu, peran media baik cetak maupun elektronik dalam memberikan informasi yang jelas terkait dengan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan juga sangat dibutuhkan. Karena, Mentawai merupakan daerah kepulauan. Banyak masyarakat yang tinggal di bagian pelosok, tentunya informasi tersebut menjadi sarana penting untuk menunjang suksesnya pemilihan kepala daerah. (ers)

Melda
By Melda November 9, 2016 07:36
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...