Kawasan Mandeh Surga Tersembunyi Terpopuler API 2017

Febry Chaniago
By Febry Chaniago August 12, 2017 16:06


JAKARTA – Kawasan Wisata Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menduduki posisi terpopuler pertama dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2017. Posisi ini merupakan hasil sementara yang dirilis Panitia Penyelenggara API 2017 berdasarkan rekapitulasi per tanggal 31 Juli 2017.

Dari 10 nominasi kategori Surga Tersembunyi Terpopuler, Kawasan Wisata Mandeh sementara menduduki peringkat pertama dengan perolehan 27 persen. Posisi kedua diduduki Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Jawa Timur dengan 22 persen.

Ketua Penyelenggara API 2017 Nanda Satria Anwar melalui rilis yang diterima padangmedia.com menyebutkan, secara total, perolehan suara sementara pada seluruh kategori sampai dengan tanggal 31 Juli 2017 tercatat sudah sebanyak 57.336 votes.

“Angka tersebut sudah melampaui jumlah votes dari penyelenggaraan tahun sebelumnya,” ungkap Nanda.

Dia menyatakan, API telah menjelma menjadi inspirasi dan motivator bagi banyak daerah, terutama yang sebelumnya tidak terlalu percaya diri dengan potensi pariwisata yang dimiliki. Pada akhirnya, daerah-daerah tersebut mempunyai keyakinan bahwa obyek wisata yang dimilikinya tidak kalah bersaing dengan daerah lain yang telah lebih dulu memajukan pariwisatanya.

Nanda optimis, melalui kemasan promosi yang menarik, didorong pula dengan kegiatan API 2017 yang berskala nasional, bahkan internasional, maka bukan tidak mungkin obyek wisata yang ada akan menjelma menjadi pariwisata populer dan berperan aktif dalam mendorong kemajuan perekonomian daerah.

Loading...

“Disinilah peran API 2017 sebagai Ajang Apresiasi Pariwisata Terpopuler Indonesia, akan selalu mempromosikan seluruh destinasi wisata di Nusantara, khususnya yang masuk dalam nominasi dan kategori API 2017,” tandasnya.

Ada 15 kategori yang di-voting dalam API 2017 dan Sumatera Barat sementara ini berhasil mengambil beberapa posisi puncak. Selain Mandeh untuk Kategori Surga Tersembunyi Terpopuler, Seribu Rumah Gadang di Kabupaten Solok Selatan juga menduduki posisi puncak untuk kategori Kampung Adat Terpopuler.

Sementara itu, Sawahlunto Internasional Songket Carnaval dari Sawahlunto juga menjadi yang terpopuler kedua setelah Festival Pacu Jalur dari Kuantan Singingi Provinsi Riau pada kategori Festival Pariwisata Terpopuler. Karnaval songket Kota Sawahlunto memperoleh suara 29 persen di bawah Pacu Jalur Kuansing yang memperoleh 38 persen.

Teh Talua dari Kota Padang dan Pasar Ateh Kota Bukittinggi masing-masing juga menduduki posisi kedua pada kategori Minuman Tradisional Terpopuler dan Kawasan Wisata Belaja Terpopuler. Teh Talua memperoleh votes 20 persen di bawah Jeniper dari Kabupaten Kuningan yang memperoleh 25 persen. Sedangkan Pasar Ateh Bukittinggi mendapat votes 18 persen, dibawah Pasar Beringharjo yang memperoleh 25 persen.

Kegiatan API 2017 sendiri diikuti oleh 34 Provinsi dan 105 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang terwakili dalam 150 nominasi dalam 15 kategori yang ada. Kategori tersebut adalah:

1. Surga Tersembunyi Terpopuler
2. Obyek wisata bersih terpopuler
3. Situs sejarah terpopuler
4. Makanan tradisional terpopuler
5. Tempat menyelam terpopuler
6. Tempat berselancar terpopuler
7. Atraksi budaya terpopuler
8. Festival pariwisata terpopuler
9. Dataran tinggi terpopuler
10. Tujuan wisata baru terpopuler
11. Kampung adat terpopuler
12. Minuman tradisional terpopuler
13. Obyek wisata belanja terpopuler
14. Obyek wisata unik terpopuler
15. Promosi pariwisata digital terpopuler. (feb/*)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago August 12, 2017 16:06
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...