Kawasan Kota Tua Pondok Juga Jadi Alternatif Rayakan Libur Lebaran

Melda
By Melda Juni 29, 2017 17:05
Warga menikmati libur lebaran di kawasan kota tua Pondok, Padang.(baim)

Warga menikmati libur lebaran di kawasan kota tua Pondok, Padang.(baim)

PADANG – Merayakan suasana libur lebaran Idul Fitri 1438 H /2017 M di Kota Padang tidak hanya di kawasan pantai saja. Klenteng baru See Hin Kiong di kawasan kota tua, jalan Kelenteng Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat juga diminati pengunjung saat liburan lebaran kali ini.

Kawasan Kelenteng Kelurahan Kampung Pondok Kecamatan Padang Barat adalah salah satu kawasan kota tua yang termasuk pada destinasi Kawasan Wisata Kota Terpadu (KWT) yakni Pantai Padang, Gunung Padang dan sepanjang jalan batang arau hingga kawasan Pasa gadang.

Lebaran Idul Fitri memang merupakan berkah bagi Kota Padang. Pemudik maupun perantau membagi-bagikan uangnya di Padang. Warung yang menjaja makanan juga penuh sesak saat lebaran. Makanan yang paling diserbu biasanya sate, soto, nasi goreng, bakso dan lainnya. Tak ayal, penjual makanan kebanjiran rejeki.

Tidak hanya restoran, cafe, pedagang kecil juga ketiban rezki, petugas parkirpun menikmati pundi – pundi rezeki dari  kendaraan yang banyak terparkir. Semuanya benar-benar memanfaatkan momen lebaran Idul Fitri ini.

Mardias (48) beserta rombongan dari Pekan Baru mengatakan, sudah dua hari ia di Padang untuk berlebaran ke rumah keluarga. Ia dan rombongan menyempatkan diri singgah ke Pantai Padang dan ternyata sudah banyak sekali perubahan dari sebelumnya. Setelah itu, ia menyusuri jalan Samudera hingga ke Jembatan Siti Nurbaya dan singgah ke Kelenteng.

“Memang disini suasananya beda sekali, ciri khas kebudayaan Tionghoa sangat terasa sekali. Bahkan, bangunan kelenteng See Hin Kiong ini luar biasa. Lihat saja rombongan yang saya bawa, mereka langsung berfoto di depan kelenteng. Ini salah satu tempat yang luar biasa untuk dikunjungi, walau hanya untuk berfoto bersama keluarga. Seakan suasana disini sama seperti di tempat asalnya di negeri china, ” ungkapnya pada padangmedia.com, Kamis (29/6).

Jamal (45), salah seorang juru parkir di kawasan Pondok, jalan kelenteng mengatakan, parkir di kawasan itu saat ini ada dua shift, yakni dari pagi hingga sore dan sore hingga malam. Apalagi, di sana cukup ramai apalagi menjelang sore hingga malam.

“Alhamdulillah, sejak ramadhan hingga libur lebaran ini pengunjung untuk makan dan minum serta melihat kelenteng cukup ramai, jadi pendapatan untuk parkir lumayan dari hari biasanya,” ujarnya.

Begitu juga halnya pedagang minuman kopmil di kawasan itu. Dari pantauan, pengunjung datang silih berganti memasuki warung yang ada disana.

Sebelumnya, Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, Padang selalu ramai dikunjungi pada libur lebaran. Mahyeldi berharap, dengan tingginya kunjungan wisatawan dan perantau akan meningkatkan perekonomian warga serta mempercepat pertumbuhan ekonomi Kota Padang. (baim)

Melda
By Melda Juni 29, 2017 17:05
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

loading...
loading...
loading...