Kapolri: Penangkapan Tersangka Makar Sudah Sesuai Prosedur

Melda
By Melda Desember 5, 2016 15:03

Related Articles

Kapolri Tito Karnavia. (foto: humas Setkab)

Kapolri Tito Karnavia. (foto: humas Setkab)

JAKARTA – Komisi III DPR RI memanggil Kapolri Jenderal Tito Karnavian ke gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/12). Di hadapan Komisi III, Kapolri menjelaskan terkait aksi damai 2 dan 4 Desember serta penangkapan sebelas orang yang dituduh tuduhan makar serta pelanggaran atas pasal dalam UU ITE

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, penangkapan terhadap 11 orang, sudah sesuai prosedur. Termasuk penangkapan terhadap dua purnawirawan yang dituduhkan makar, Kivlan Zen dan Adityawarman Thaha.

Menurutnya, polisi melakukan penangkapan tidak dengan melihat latar belakang. Bahkan, penangkapan terhadap kedua purnawirawan tersebut telah mendapatkan dukungan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI). Proses penangkapan juga melibatkan pihak TNI.

Sementara itu, Ketua Komisi III Bambang Soesatyo mengatakan, tindakan polisi menangkap 11 orang tersebut merupakan tindakan yang represif. Hal tersebut dinilai Bambang tidak boleh dilakukan dalam demokrasi.

Bambang tidak melihat adanya indikasi makar seperti yang dituduhkan. Ia juga mengingatkan polisi agar menggunakan cara elegan yang tidak melanggar demokrasi.

Menurut Bambang seperti dilansir republika.co.id, apa yang dilakukan 8 orang tersebut baru perkataan, bukan perbuatan. Apalagi yang ditangkap sudah kakek-kakek dan nenek-nenek.

Seperti diketahui, polisi menangkap 11 orang sebelum aksi damai 2 Desember 2016. Delapan orang disangkakan tuduhan makar. Dua orang lainnya tersandung kasus ITE dan satu lainnya, yaitu Achmad Dani tersangka kasus penghinaan pada presiden. (rin/*)

Melda
By Melda Desember 5, 2016 15:03
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...