Jelang UN, 1709 Pelajar Mentawai Ikuti Try Out

Melda
By Melda Februari 12, 2018 16:57

Related Articles

Pelaksanaan ujian Try Out salah satu Sekolah SMPN 1 Sipora Utara Tuapeijat Kab. Kepulauan Mentawai. (ers)

MENTAWAI – Sebanyak 1.709 pelajar SMP dan MTs di Kabupaten Mentawai mengikuti try out dalam persiapan menghadapi Ujian Nasional tahun ajaran 2017/2018. Pelaksanaan ujian diselenggarakan secara serentak di 10 kecamatan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (12/2).

Try out merupakan program pemerintah yang wajib dilaksanakan setiap sekolah. “Kepada panitia harus lebih objektif memberikan penilaian dan tidak ada titipan,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Mentawai, Dominikus Saleleubaja.

Dikatakan Dominikus, try out dilaksanakan agar pelajar betul-betul siap untuk menghadapi ujian nasional, karena isi soal ujian tersebut berdasarkan kisi-kisi soal dari pemerintah pusat. Pelaksanaan ujian try out hampir sama dengan ujian nasional, namun ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan para pelajar agar dalam menghadapi ujian nasional tidak lagi sulit menjalankannya.

“Intinya, untuk melatih dan mengukur kemampuan siswa. Dari hasil try out, para pelajar bisa tahu mana mata pelajaran yang harus diperdalam lagi,” katanya.

Terkait dengan pelaksanaan ujian berbasis komputer, Dominikus mengatakan, saat ini Mentawai masih memakai sistem manual. Namun ke depan diharapkan Mentawai sudah memiliki dua sekolah tempat pelaksanaan UNBK.

Diakuinya, pelaksanaan UNBK di Mentawai masih terkendala dengan fasilitas yang ada. Itu akan menjadi ‘PR’ ke depannya. Paling tidak, ada satu sekolah tempat percontohan, karena di kemudian hari seluruh sekolah wajib melakukan UNBK.

Untuk persiapan UNBK tersebut tentunya harus dimulai dari sekarang, mau tak mau harus dilaksanakan. Minimal ada satu tempat pelaksanaan UNBK dan itu akan menjadi perhatian pemerintah ke depan. Diharapkan pelaksanaan UNBK bisa dilakukan bertahap di Mentawai. (ers)

Melda
By Melda Februari 12, 2018 16:57
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...