Jaga Kamtibmas, Polres Mentawai Rangkul Ormas dan Tokoh Agama

Melda
By Melda Januari 11, 2018 07:24

Aktifis Ormas Pekat IB Mentawai saat bersilaturrahmi dengan Kapolres Mentawai, Rabu (10/1). (ers)

MENTAWAI – Polres Kepulauan Mentawai akan melibatkan Organisasi Masyarakat (Ormas) Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (Pekat-IB) Mentawai dalam rangka menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Hal itu diungkapkan Kapolres Mentawai AKBP. Hendri Yahya SE di ruangan kerjanya saat sejumlah Pengurus DPD Pekat-IB Mentawai melakukan silaturrahmi di Mako Polres Mentawai, Rabu (10/1).

“Kita akan bekerja sama dengan ormas-ormas yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk kegiatan Kamtibmas. Selain itu, kita juga akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait dan para tokoh agama dan pemuda,” ungkapnya.

Dikatakan Kapolres, kegiatan sosialisasi itu akan dijadikan sebagai agenda rutin Polres Mentawai dua kali seminggu. Setiap hari Jumat sosialisasi dilakukan di masjid usai shalat Jumat dan hari Minggu sosialisasi dilakukan di Gereja usai ibadah Minggu. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di beberapa gereja atau masjid di Kepulauan Mentawai secara bergilir dengan melibatkan para pemuka agama, sehingga pesan keamanan tersebut bisa langsung sampai kepada masyarakat.

Baca juga  Pengaduan Masyarakat di Medsos Paling Lama Ditanggapi Enam Hari Kerja

Pesan Kamtibmas yang disampaikan itu salah satunya tentang penyalahgunaan narkoba dan juga segala bentuk tindakan yang dapat mengganggu ketertiban umum. Untuk mencegah secara dini penyalahgunaan narkoba di tingkat pelajar, pihaknya juga melakukan sosialisasi ke beberapa sekolah SMP dan SMA di seluruh daerah di Mentawai. Polsek-polsek, kata Hendri, telah diintruksikan untuk melakukan sosialisasi di kalangan masyarakat dan sekolah. Di sisi lain, masyarakat diminta segera melaporkan jika melihat penyalahgunaan narkoba maupun tindakan mengganggu trantib lain di lingkungan masing-masing.

Ketua Pekat-IB Mentawai Suharman dalam diskusi itu mengatakan, sebagai Ormas sangat berharap kerja sama dalam hal keamanan di wilayah nusantara, khususnya di Kepulauan Mentawai. Ia beranggapan, sasaran para pengedar saat ini lebih kepada generasi yang masih labil di tingkat pelajar. Untuk itu, ia meminta kepada petugas kepolisian bersama Pekat-IB untuk melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba di kalangan pelajar.

Baca juga  Polres Mentawai Buka Penerimaan Polri untuk Pulau Terluar

“Sebagai ormas, kami sangat mendukung kegiatan Polres. Kalau ada kesempatan, kita bisa melakukan kegiatan sosialisasi tentang bahaya narkoba di tingkat pelajar,” pintanya.

Ia berharap dari kegiatan tersebut bisa mencegah dan menekan peredaran narkoba. Masyarakat pun bisa merasa lebih nyaman dan aman dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. (ers)

Melda
By Melda Januari 11, 2018 07:24
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Tinggalkan Balasan