Jadi Poros Maritim Dunia, Laut Adalah Harapan Masa Depan

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Maret 31, 2016 16:36
KASAL Laksmana TNI Ade Supandi jadi Keynote Speaker dalam Seminar Nasional Sinergitas TNI AL dan pemerintah daerah

KASAL Laksmana TNI Ade Supandi jadi Keynote Speaker dalam Seminar Nasional Sinergitas TNI AL dan pemerintah daerah untuk mewujudkan Poros Maritim Dunia di Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/3). (ist)

Seminar Nasional Sinergitas TNI Angkatan Laut dengan Pemerintah Daerah Untuk Mewujudkan Poros Maritim Dunia di Padang, Sumatera Barat, Kamis (31/3) menghadirkan Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksmana TNI Ade Supandi sebagai “Keynote Speaker”. Kasal menyebut, laut adalah harapan masa depan Indonesia.

“Kebijakan pemerintah membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia adalah upaya memanfaatkan laut secara optimal. Laut adalah harapan masa depan Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar, berdaulat dan sejahtera,” katanya.

Seminar nasional tersebut, kata Ade, merupakan bagian dari rangkaian latihan TNI Angkatan Laut Multilateral Komodo Exercise 2016. Menurutnya,kebijakan pemerintah untuk membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia adalah upaya untuk memanfaatkan laut secara optimal sebagai media pemersatu, media sumber daya, media pertahanan dan menyebarkan pengaruh.

Dia menegaskan peran pemerintah daerah di seluruh Indonesia adalah kunci dari keberhasilan pembangunan dalam kerangka otonomi daerah. Untuk itu, sinergitas TNI AL dengan pemerintah daerah dirasakan sangat penting dalam kaitannya dengan kebijakan tersebut. TNI AL dan Pemda perlu bersinergi dalam berbagai aspek seperti aspek sumbardaya manusia (SDM) yang berbudaya maritim, aspek prioritas pelestarian lingkungan laut dan dalam aspek pengawasan terhadap pemanfaatan sumber daya laut.

Seminar nasional ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. Mendagri Tjahjo Kumolo menyatakan dukungan pemerintah terhadap upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Dukungan antara lain diberikan dalam bentuk pembangunan infrastruktur kemaritiman. Pemerintah pusat juga merekomendasikan peningkatan peran provinsi dalam melakukan pengendalian dan evaluasi perencanaan program bidang kelautan dan penganggaran di kabupaten dan kota.

Pemerintah pusat, tambah Tjahjo, juga mendorong peran Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah untuk mengkordinasikan, mengintegrasikan serta mensinergikan keterpaduan program peningkatan bidang kelautan yang bersifat lintas sektoral dan lintas wilayah.

“Pemerintah pusat juga mendorong tumbuhnya kerjasama antar daerah dalam rangka peningkatan kesejahteraan dalam bidang kelautan serta pengembangan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil,” ujarnya. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Maret 31, 2016 16:36
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*