Inflasi Sumbar Turun di Triwulan II 2016

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Agustus 31, 2016 18:14

PADANG – Triwulan II tahun ini (2016, red), laju inflasi Sumatera Barat mulai menurun. Laju inflasi tahunan Sumatera Barat pada akhir periode triwulan II 2016 tercatat sebesar 3,23 persen (year on year/yoy). Kondisi itu menurun dibandingkan laju inflasi triwulan I 2016 yang mencapai 6,63 persen (yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Barat Puji Atmoko, Rabu (31/8) menyebutkan, laju inflasi tersebut berada di bawah laju inflasi nasional yang sebesar 3,46 persen (yoy) dan rata-rata laju inflasi provinsi di regional Sumatera yang sebesar 3,83 persen (yoy). Laju inflasi triwulan IV 2016 secara umum diprakirakan berada pada level moderat dalam rentang 4±1 persen (yoy).

“Faktor utama pendorong laju inflasi di triwulan IV 2016 adalah liburan anak sekolah dan perayaan tahun baru yang secara historis memicu peningkatan harga tiket angkutan udara,” kata Puji.

Prediksi terjadinya La Nina yang terjadi di Jawa juga berpotensi memberikan tekanan secara tidak langsung terhadap harga komoditas hortikultura seperti cabai merah dan bawang merah di Sumbar, mengingat besarnya pasokan komoditas tersebut dari Jawa.

Inflasi Provinsi Sumbar pada akhir tahun 2016 diprakirakan berada pada rentang 4 persen ± 1 persen (yoy) atau meningkat dibandingkan tahun 2015 sebesar 1,08 persen (yoy). Faktor bencana banjir pada awal tahun 2016 dan belum optimalnya sistem buffer capacity untuk beberapa komoditas hortikultura diperkirakan menjadi pendorong naiknya laju inflasi.

“Dampak La Nina terhadap pasokan beberapa komoditas serta ekspektasi perbaikan ekonomi dan daya beli masyarakat, ikut menjadi pendorong naiknya laju inflasi di tahun 2016,” tandasnya. (feb)

Febry Chaniago
By Febry Chaniago Agustus 31, 2016 18:14
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*