Indonesia Pasar Kedua Terbesar Didunia

Nita Indrawati
By Nita Indrawati October 27, 2016 20:44

 

20161027_160740PADANG – Promosi memang pilihan tepat  untuk menggaet pasar. Hal  itu disadari betul oleh negeri jiran Malaysia yang melakukan promosi dari berbagai sisi demi peningkatan kunjungan wisatawan  kenegaranya.

Salah satu upaya peningkatan kunjungan wisatawan itu, Tourism Malaysia Medan menggelar Malaysia Seminar Presentation 2016 di Padang.  Kegiatan  ini memberi kesempatan kepada  para  seller  dari Malaysia dan pelaku bisnis pariwisata di Padang (buyer)  untuk bertemu. Kedua pihak  saling bertukar informasi serta menjalin hubungan sehingga tercipta hubungan bisnis yang harmonis dan saling menguntungkan.

“Indonesia adalah pasar kedua terbesar dari kedatangan turis asing ke Malaysia setelah Singapura.  Kementrian Pariwisata Malaysia mencatat jumlah turis Indonesia yang  berkunjung ke Malaysia adalah 2,78 juta orang di tahun 2015.  Sementara total kunjungan wisatawan mancanegara ke Malaysia adalah 25,72 juta,” ungkap En Azhari Haron, Diektur Tourism Malaysia Medan  kepada wartawan disela kegiatan seminar di Inna Muara Padang, Kamis (27/10).

Loading...

Selain berbagai keindahan alam Malaysia, menurut Azhari Malaysia juga menjadi tujuan wisata berobat yang disebutnya sebagai medical tourism. Dari pengamatannya, banyak orang Indonesia khususnya Sumatera Barat yang datang ke Malaysia untuk memeriksa kesehatan dan berobat. Pihaknya menargetkan 500.000 orang pertahunnya melakukan kunjungan wisata perobatan ke Malaysia. “Kedepan akan  lebih ditingkatkan lagi karena kami melihat dari Sumatera Barat wisata perobatan paling banyak dilirik. Dari pengamatan saya, untuk chek up kesehatan saja mereka ke Melaka. Saya sudah mengamati perjalanan mereka. Hanya satu yang berobat tapi ada 5 atau  6 orang keluarga yang ikut bersama mereka ke Malaysia,” jelas Azhari.

Disamping wisata perobatan, tak kalah menarik yang juga disiapkan  Malaysia adalah wisata belanja.  Ada  iven-iven besar yang ditawarkan  bagi kelompok yang gemar belanja. Tiga iven besar yakni Malaysia Super sale tanggal 1 – 31 Maret, Malaysia Mega  Sale Carnavaal tanggal 15 Juni – 31 Agustus dan  Malaysia Year and Sale tanggal 1 November – 31 Desember.  Dalam tiga iven ini semua gerai penjualan memberikan diskon besar-besaran hingga 70 persen. Selain itu diberikan bebas cukai di pintu pintu masuk dan keluar serta berbagai acara di kompleks- kompleks perbelanjaan seluruh Malaysia. Menggenjot wisata belanja, Malaysia merasa perlu mendisain ikon Miss Shopia si Ratu Belanja.  (nit)

 

,

 

Nita Indrawati
By Nita Indrawati October 27, 2016 20:44
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...