HUT ke 23, Lubuk Basung Makin Tacelak

Febry Chaniago
By Febry Chaniago July 19, 2016 16:55
Bupati dan Wakil Bupati Agam Indra Catri dan Trinda Farhan bersama unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat menikmati hidangan dalam makan bajamba dalam rangka HUT ke 23 Lubuk Basung menjadi ibukota kabupaten. (fajar)

Bupati dan Wakil Bupati Agam Indra Catri dan Trinda Farhan bersama unsur Forkopimda dan tokoh masyarakat menikmati hidangan dalam makan bajamba dalam rangka HUT ke 23 Lubuk Basung menjadi ibukota kabupaten. (fajar)

AGAM – Mencapai usia ke 23 tahun menjadi Ibukota Kabupaten Agam setelah dipindahkan dari Bukittinggi, Lubuk Basung semakin “tacelak” (bagus). Perubahan terasa sangat signifikan melalui inovasi dan berbagai program kegiatan pembangunan.

Merayakan Hari Ulang Tahun Lubuk Basung sebagai ibukota kabupaten, masyarakat menggelar “Makan Bajamba” di halaman rumah dinas bupati setelah didahului oleh pelaksanaan upacara peringatan di halaman kantor bupati, Selasa (19/7).

“Berkat komitmen bersama masyarakat dan pemerintah dalam membangun, Lubuk Basung sebagai ibukota kabupaten semakin “tacelak”,” kata Bupati Agam Indra Catri dalam sambutannya pada acara HUT Ibukota Lubuk Basung ke-23, di Halaman Kantor Bupati Agam.

Indra Catri mengungkapkan, berbagai program pembangunan yang telah dilakukan, diantaranya meningkatnya jumlah pembangunan fasilitas umum, pemerintahan dan pembangunan objek wisata dan pembangunan perumahan rakyat. Kemudian rehabilitas Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung sebagai bangunan monumental disamping sebagai tempat melaksanakan kegiatan ibadah.

Sebagai pusat pemerintahan, kota Lubuk Basung menjadi penggerak bagi pembangunan Kabupaten Agam secara keseluruhan. Dalam waktu lima tahun terakhir, peningkatan pembangunan ditandai dengan peningkatan APBD Kabupaten Agam yang naik dua kali lipat menjadi Rp1,37 triliun pada 2015 dibanding tahun 2010 hanya Rp662 miliar.

“Peningkatan keuangan ini membuat kita memiliki peluang anggaran yang cukup besar untuk mengalokasikan belanja pembangunan infrastruktur,” jelasnya.

Bupati berharap, melalui peringatan HUT Ibu Kota Lubuk Basung tahun ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada masyarakat Lubuk Basung dalam melaksanakan maupun mendukung pembangunan.

“Dengan semangat berat sama dipikul ringan sama dijinjing, bersama kita tekadkan Lubuk Basung menjadi kota yang maju dan bermartabat,” ajak Indra.

Dalam rangka memeriahkan acara tersebut, ratusan masyarakat Lubuk Basung bersama seluruh SKPD, menggelar “makan bajamba” yang dilaksanakan di kediaman rumah dinas bupati. Sebelumnya, sekitar 500 “jamba” (hidangan) diarak dari halaman Kantor Bappeda menuju halaman kantor Bupati Agam dengan jarak sekitar 150 meter yang diiringgi tari piring dan “tambua tansa”.

Sesampai di halaman kantor Bupati, “jamba” ini diarak di hadapan Bupati Agam Indra Catri bersama Wakil Bupati Trinda Farhan dengan unsur Muspida Plus, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan lainnya.

Makan “bajamba” dimulai dengan upacara adat Minangkabau dan seluruh undangan upacara ikut menikmati “jamba” yang pemberian seluruh SKPD, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), perantau dan lainya.

“Ini bentuk kebersamaan kita dengan masyarakat Lubuk Basung dalam membangun daerah,” kata Bupati Agam, Indra Catri didampingi Wakil Trinda Farhan.

Ke depan, tambahnya, kebersamaan ini terus dijalin demi pembangunan pusat Ibu Kota Kabupaten Agam. Tanpa kebersamaan, pembangunan tidak akan berjalan dengan baik. Saat ini, Kota Lubuk Basung sudah berumur 23 tahun, kalau di ibaratkan seorang manusia, sudah berusia beranjak mulai dewasa yang akan menetap masa depan lebih baik.

“Dari rentang 23 tahun ini, secara bertahap Kota Lubuk Basung sudah dapat kita benahi dan nikmati dengan berbagai program kegiatan pembangunan yang terselesaikan, diantaranya pembangunan fasilitas umum, perkantoran, wisata dan lain sebagainya,” katanya. (fajar)

Loading...
Febry Chaniago
By Febry Chaniago July 19, 2016 16:55
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...