Hindari Musibah Kebakaran, Warga Diminta Lebih Hati-hati

Melda
By Melda June 27, 2016 09:30

Arman J PiliangAGAM – Banyaknya kasus kebakaran yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Agam menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam. Salah satunya Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Agam, Arman J Piliang, SH.

Arman J Piliang mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati serta tidak melakukan tindakan ceroboh yang bisa menyebabkan peristiwa kebakaran.

“Seperti yang kita tahu saat ini, cuaca sedang berlangsung ekstrim di daerah ini. Oleh karena itu, kami himbau agar warga berhati-hati berhadapan dengan api sekecil apa pun,” katanya kepada padangmedia.com, Senin (27/6) di ruang kerjanya.

Ketua Komisi III DPRD dari Fraksi Golkar itu juga mengatakan, banyak faktor yang bisa menyebabkan kebakaran terjadi. Di antaranya angin kencang dan membuang puntung rokok sembarang yang bisa menyebabkan kebakaran lahan dalam kondisi hembusan angin cukup kencang. Selain itu, dengan cuaca yang tidak menentu saat ini perlu memperhatikan jaringan listrik dalam rumah agar tidak membahayakan penghuni rumah.

“Sebelum meninggalkan rumah, mau berangkat taraweh dan mudik lebaran, pastikan dahulu kondisi di sekitar dalam keadaan aman,” katanya.

Ia menambahkan, jangan sampai saat meninggalkan rumah atau kantor, kompor  dalam keadaan hidup, Sebelum mudik juga pastikan arus listrik dalam kondisi yang aman, sehingga tidak terjadinya konsleting arus listrik.

“Mau itu perjalanan jauh ataupun dekat, semua harus dikontrol supaya dalam keadaan yang aman,” tegasnya.

Dia menambahkan, masyarakat Kabupaten Agam harus dapat memahami karakteristik bahan yang mudah terbakar, serta benda yang berpotensi menimbulkan kebakaran.

“Yang patut mendapat perhatian serius seperti halnya kompor gas, bensin, kembang api, listrik, lillin serta puntung rokok,” pungkasnya.

Arman J Piliang menjelaskan tertib dan disipilin adalah salah satu upaya masyarakat untuk berperilaku aman terhadap standar keselamatan kebakaran. (*)

Melda
By Melda June 27, 2016 09:30
Loading...
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

Your e-mail address will not be published.
Required fields are marked*

Loading...